ADVERTISEMENT

Waspada! 7 Makanan Ini Bisa Ganggu Kesehatan Pencernaan

Diah Afrilian - detikFood
Sabtu, 08 Okt 2022 05:00 WIB
Waspada! 7 Makanan Ini Bisa Ganggu Kesehatan Pencernaan
Foto: Getty Images/iStockphoto/Dejan Kolar
Jakarta -

Banyaknya makanan lezat membuat orang-orang lupa akan efeknya terhadap kesehatan. Tujuh makanan ini ternyata bisa ganggu pencernaan.

Sebagai salah satu sistem tubuh yang krusial, pencernaan wajib dijaga kesehatannya. Mengonsumsi makanan yang tepat efektif untuk membantu menjaga pencernaan tetap lancar dan sehat.

Pencernaan yang lancar juga berdampak pada beberapa hal untuk tubuh, salah satunya adalah imunitas. Tanpa disadari ternyata banyak makanan enak yang memiliki efek negatif terhadap pencernaan.

Makanan-makanan yang dapat merusak kesehatan pencernaan ini justru yang paling sering ditemukan dalam menu makan setiap hari. Jika tak ingin pencernaanmu terganggu, pastikan untuk melihat daftarnya dan membatasi asupannya.

Berikut ini 7 makanan yang dapat mengganggu pencernaan menurut Web MD:

Waspada! 7 Makanan Ini Bisa Ganggu Kesehatan PencernaanKadar lemak yang tinggi pada gorengan dapat menyebabkan diare. Foto: Getty Images/iStockphoto/Dejan Kolar

1. Gorengan

Gorengan mengandung lemak jenuh yang sangat tinggi dan berdampak buruk untuk kesehatan. Tak hanya mengganggu kardiovaskular, gorengan juga buruk untuk kesehatan pencernaan.

Kadar lemak yang tinggi pada gorengan dapat memicu diare. Ditambah saus yang kental atau tambahan krim yang menambah kadar lemaknya dan memperburuk efeknya.

2. Buah yang asam

Walaupun tampak segar dan menyehatkan, buah yang terlalu asam juga tak baik untuk kesehatan pencernaan. Kandungan asam yang tinggi dapat membuat perut terasa sakit hingga melilit.

Jika ingin mengonsumsi buah yang aman, usahakan untuk memilih buah-buahan yang tak terlalu asam dan banyak airnya. Misalnya seperti jeruk, jeruk Bali atau buah-buahan lain yang asamnya masih ditolerir perut.

3. Pemanis buatan

Tak hanya berdampak bagi kadar gula darah, pemanis buatan yang dikonsumsi terlalu banyak juga buruk untuk pencernaan. Dampak dari konsumsi pemanis buatan ini dapat menyebabkan kram perut hingga diare.

Food and Drugs Administration menyebutkan bahwa konsumsi lebih dari 50 gram pemanis buatan dapat menyebabkan diare. Walaupun laporan terhadap kasus tersebut masih rendah tetapi efek buruknya tetap perlu diwaspadai.

Makanan yang dapat mengganggu pencernaan lainnya ada di halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT