Ladies, 9 Makanan Sehat Ini Bisa Jadi Pelumas Alami Vagina

ADVERTISEMENT

Ladies, 9 Makanan Sehat Ini Bisa Jadi Pelumas Alami Vagina

Riska Fitria - detikFood
Rabu, 05 Okt 2022 08:00 WIB
Makanan untuk kesehatan vagina
Foto: Getty Images/iStockphoto/Teerasak1988
Jakarta -

Vagina kering kerap menjadi masalah serius bagi wanita. Agar area wanita tetap punya pelumas alami, konsumsilah beberapa makanan sehat ini.

Vagina kering disebabkan karena banyak faktor. Mulai dari perawatan medis tertentu, obat-obatan dan yang paling sering adalah karena sudah memasuki masa menopause.

Dalam kondisi tersebut, hormon estrogen lah yang bertanggung jawab sebagai pelumasan vagina dan jaringan vagina yang sehat.

Pelumasan maksudnya adalah darah ultrafiltrasi dan bergantung pada sintesis dan ketersediaan oksida nitrat untuk vasodilatasi atau pelebaran pembuluh darah dan peningkatan aliran darah.

Kondisi ini bisa diatasi dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan oksida nitrat dan lemak sehat. Dikutip dari Madame (28/04/21) berikut 9 makanan sehat untuk merangsang pelumasan alami vagina.

1. Kedelai

Kacang kedelaiKedelai mengandung fitoestrogen isoflavon yang membantu pelumasan vagina secara signifikan.Foto: Getty Images/iStockphoto/naito8

Kedelai mengandungfitoestrogenisoflavon yang membantu pelumasan vagina secara signifikan. Selain itu, kedelai juga dikemas dengan protein, sumber kalsium dan magnesium yang baik.

Baca Juga: Ladies! Ini 7 Makanan Enak yang Bikin Miss V Wangi dan Sehat

2. Minyak Zaitun

Minyak zaitun sarat akan lemak sehat yang dapat menghidrasi kulit agar tetap sehat. Tak hanya itu, minyak zaitun ini juga membantu melumasi bagian dalam perut hingga vagina.

3. Sayuran Hijau

Manfaat bayam untuk perut buncitSayuran hijau seperti bayam, kangkung dan sawi kata akan nitrat. Foto: Getty Images/iStockphoto/Zakharova_Natalia

Sayuran hijau seperti bayam, kangkung dan sawi kata akan nitrat. Nitrat itu akan diubah menjadi oksida nitrat,vasodilator yang dibutuhkan untuk memfasilitasi aliran darah.

Sayuran hijau juga kaya akan asam lemak omega-3 yang berperan meningkatkan vasodilatasi, pelebaran pembuluh darah yang bisa menurunkan tekanan darah.

4. Udang

Udang memiliki kandungan vitamin E. Makan udang secukupnya bisa mendapatkan manfaat untuk kesehatan vagina agar tidak kering. Selain itu, juga baik untuk kesehatan jantung dan otak.

Namun perhatikan porsi saat makan udang, sebab udang tinggi kolesterol. Faktanya, udang mengandung kolesterol sebanyak 85% yang mana ini lebih tinggi dari makanan laut lainnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT