Tambahkan Cokelat Bubuk ke Dalam Racikan Kopi Untuk Dapatkan Manfaat Ini

ADVERTISEMENT

Ngopi Yuk

Tambahkan Cokelat Bubuk ke Dalam Racikan Kopi Untuk Dapatkan Manfaat Ini

Yenny Mustika Sari - detikFood
Senin, 03 Okt 2022 07:30 WIB
Fresh hot coffee being poured into a cup from a stainless steel french press in a trendy cafe
Foto: iStock
Jakarta -

Kopi dapat diracik dengan bubuk cokelat. Racikannya menghasilkan rasa yang lebih kaya dan agak pekat. Ternyata campuran cokelat juga punya manfaat.

Kopi merupakan minuman yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Selain kopi hitam, kopi juga bisa diracik dengan tambahan bahan lain. Seperti susu, rempah dan cokelat bubuk.

Selain memberikan rasa pekat, bubuk kakao juga dapat memberikan manfaat yang lebih untuk tubuh ketika diracik bersama kopi. Dilansir dari The List (1/10), biji kakao dapat digunakan untuk membuat cokelat atau digiling menjadi bubuk kakao. Manfaat kesehatan yang diperoleh dari bubuk kakao ini sangat banyak, terutama jika kakaonya adalah 72% kakao murni atau lebih.

Bubuk kakao kaya akan polifenol, antioksidan alami yang meningkatkan kesehatan otak dan aliran darah. Faktanya, kakao adalah salah satu makanan dengan jumlah polifenol tertinggi.

Kopi vs Cokelat, dua minuman dengan beragam manfaat kesehatan. Mana yang lebih sehat?Kopi vs Cokelat, dua minuman dengan beragam manfaat kesehatan. Mana yang lebih sehat? Foto: iStock

Baca Juga: Minum Kopi Lebih Sehat dengan 6 Tips Gampang Ini

Kakao juga kaya akan flavanol, yang tidak hanya antioksidan kuat tetapi juga zat anti-inflamasi yang menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko stroke, serta serangan jantung. Flavanol juga membantu memperbaiki gejala yang berhubungan dengan diabetes tipe 2 dan melindungi dari kanker. Selain itu, bubuk kakao juga memiliki banyak mineral termasuk zat besi, seng, dan selenium. Kakao juga dapat membantu kesehatan mental.

Menurut sebuah penelitian di Psychiatric Times, orang yang mengonsumsi cokelat hitam (dark chocolate) dalam waktu 24 jam akan lebih sedikit mengalami gejala depresi. Studi yang sama menemukan bahwa hampir setengah dari subjek mendambakan cokelat saat stres atau depresi. Karenanya banyak orang yang mengonsumsi cokelat saat mengalami hari yang buruk, PMS, atau kecemasan.

Baca Juga: Penjualnya Tampan dan Ramah, Beef Taco di Lengkong Ini Gurih Mantap

10 Nama Minuman Kopi Populer Berikut Cara Pengucapannya yang Tepatkopi kakao Foto: Lovefood

Manfaat lainnya adalah bubuk kakao atau cokelat dapat mengurangi stres. Cokelat juga dianggap meningkatkan ketenangan dan mood seseorang. Untuk mendapatkan hasil terbaik, usahakan untuk makan cokelat setiap hari. Hanya 28-56 gram kakao sehari setidaknya 70% dapat memberikan manfaat yang optimal.

Kalau ingin meraciknya bersama kopi, bisa mengikuti petunjuk berikut. Cooking Light menyarankan untuk menambahkan 1 sendok makan bubuk cokelat murni tanpa pemanis langsung ke cangkir berisikan bubuk kopi. Kemudian seduh menggunakan air panas.

Raciklah kopi bersama bubuk kakao ini tanpa gula. Tentunya untuk manfaat yang lebih maksimal. Kamu juga bisa membeli kopi mocha di kafe, selama tidak dicampurkan gula dan pemanis lainnya.

Baca Juga: Rutin Minum 2-3 Cangkir Kopi Setiap Hari Bisa Turunkan Risiko Penyakit Jantung



Simak Video "Sejarah Kebun Kopi Tertua di Jawa Timur"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT