ADVERTISEMENT

15 Makanan yang Harus Dipantang Penderita Asam Urat

Tim Detikfood - detikFood
Kamis, 22 Sep 2022 06:00 WIB
bintang hollywood kerja di restoran fast food
Foto: msn/Getty Images
Jakarta -

Pantangan makanan bagi penderita asam urat bukan hanya jeroan sapi dan kambing. Berikut ini 15 makanan yang harus dipantang penderita asam urat.

Penderita asam urat kerap mengeluhkan sakit berupa nyeri sendi di jempol kaki, jari kaki, pergelangan kaki, sampai lutut akibat penumpukan kristal asam urat.

Kristal asam urat bisa menumpuk karena terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman tertentu. Apa saja pantangan makanan bagi penderita asam urat agar tidak mudah kambuh?

Makanan penyebab asam urat adalah makanan dengan kandungan zat purin tinggi. Biasanya, zat purin tinggi ada di daging merah, jeroan, sampai minuman beralkohol.

Kendati begitu, ada juga macam sayuran yang tidak boleh dikonsumsi penderita asam urat. Sebab, beberapa sayuran juga memiliki kandungan purin yang tinggi.

Begitu juga dengan buah-buahan, ada buah yang tidak boleh dimakan penderita asam urat karena mengandung purin.

Pantangan Makanan bagi Penderita Asam Urat

Maka dari itu, penting untuk mengetahui apa pantangan makanan bagi penderita asam urat agar tak gampang kambuh.

Dilansir dari CNNIndonesia (21/8) dan berbagai sumber ada 15 makanan yang dilarang dikonsumsi penderita asam urat.

1. Jeroan

Pantangan makanan bagi penderita asam urat yang paling populer adalah jeroan sapi dan kambing. Mulai dari otak, usus, limpa, paru-paru, hati, lidah, dan bagian lainnya.

Sebab, jeroan sapi dan kambing mengandung purin berkisar 174,2 mg per 100 gram.

Selain jeroan daging, jeroan ayam seperti hati, jantung, dan ampela juga sebaiknya tidak dimakan karena punya kandungan purin berkisar 312,2 mg per 100 gram.


2. Daging Merah

Daging merah yang sebaiknya dihindari adalah daging sapi, kambing, kerbau, domba, rusa, babi, sampai kuda.

Jika dikonsumsi dalam jumlah banyak biasanya kadar asam urat akan meningkat dan bisa menimbulkan nyeri mendadak hingga kesulitan berjalan.

3. Daging unggas

Beberapa daging unggas juga menjadi pantangan, seperti ayam, bebek, burung puyuh, angsa, dan kalkun. Untuk ayam sebenarnya masih bisa dimakan sehari-hari mengingat manfaatnya sebagai sumber protein.

Namun, porsi maksimalnya berkisar 50 gram per hari. Sebab, terdapat kandungan purin pada ayam ada di semua bagian, mulai dari daging sampai kulit.

5 Pasar Tempat Belanja Seafood untuk Pesta BBQ Tahun BaruIkan yang harus dipantang penderita asam urat. Foto: iStock

4. Ikan Laut

Biasanya ikan dianggap aman untuk dikonsumsi. Namun nyatanya, beberapa jenis ikan punya kandungan purin tinggi, seperti ikan kembung, haring, sarden, makerel, tuna, teri, trout, haddock, hingga kod.

Jika ingin konsumsi ikan, sebaiknya yang punya kandungan purin rendah, seperti ikan salmon dan kakap. Selain itu, bisa juga mengonsumsi ikan air tawar, seperti ikan lele, nila, sampai gurame.

5. Seafood

Tak hanya ikan, seafood atau hidangan laut lainnya juga menjadi pantangan makanan bagi penderita asam urat. Sebut saja, udang, lobster, kepiting, tiram, sampai kerang.

Sebaiknya, seafood dibatasi atau dikurangi secara signifikan agar asam urat tidak mudah kambuh. Sebab, kandungan purinnya tinggi.

6. Sayuran

Sayuran yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi penderita asam urat, yaitu sayuran hijau seperti bayam, asparagus, brokoli, kangkung, buncis, daun singkong, dan daun pepaya.

Begitu juga dengan sayuran lain seperti kembang kol dan jamur kuping. Pilihlah sayuran berwarna terang seperti wortel, kol merah, paprika, dan kentang.

Daftar makanan yang harus dipantang penderita asam urat lainnya bisa dilihat di halaman berikut ini.



Simak Video "Bikin Laper: Kulineran Malam di Pontianak"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT