ADVERTISEMENT

Pencinta Teh, Ini 7 Mitos dan Fakta Populer Soal Minuman Favoritmu

Diah Afrilian - detikFood
Senin, 12 Sep 2022 05:00 WIB
Pencinta Teh, Ini 7 Mitos dan Fakta Populer Soal Minuman Favoritmu
Foto: Getty Images/iStockphoto/venuestock
Jakarta -

Serba-serbi tentang teh yang bermanfaat masih belum banyak diketahui. Ternyata ada beberapa mitos dan fakta tentang teh yang tak perlu dipercaya.

Teh dikenal sebagai minuman herbal yang banyak manfaatnya untuk tubuh. Berbagai jenis teh banyak ditemukan dengan beragam komponen dan manfaatnya yang spesial satu sama lain.

Tetapi masih banyak kepercayaan-kepercayaan yang dipertanyakan oleh penikmat teh. Untuk menjawab hal tersebut ahli gizi dan peneliti bersama-sama mengungkapkan fakta dan mitos tentang teh.

Ada banyak kepercayaan yang ternyata benar dan sebagian lagi yang tak perlu dipercaya. Agar tak salah paham, sebaiknya cek daftar fakta dan mitos tentang teh ini.

Baca juga: Viral! Pemuda Ini Borong Makanan di Supermarket Gegara Takut Harga Naik

Berikut ini 7 mitos dan fakta tentang minum teh yang perlu diketahui menurut Tea Floor:

Pencinta Teh, Ini 7 Mitos dan Fakta Populer Soal Minuman FavoritmuMinum teh bersamaan dengan vitamin dapat menghambat penyerapannya pada tubuh. Foto: Getty Images/iStockphoto/venuestock

1. Minum teh dan vitamin tidak boleh bersamaan

Pada beberapa kondisi, teh memang tidak disarankan untuk dikonsumsi bersamaan dengan vitamin. Hal ini untuk mencegah kegagalan penyerapan vitamin pada tubuh jika dikonsumsi bersamaan dengan teh.

Terutama pada ibu hamil yang harus mengonsumsi suplemen zat besi secara rutin. Konsumsi teh bersamaan dengan vitamin membuat zat besi akan terhambat untuk diserap tubuh.

2. Teh tanpa bahan tambahan lebih sehat

Pernyataan yang satu ini bisa dipastikan tidak benar. Beberapa bahan tertentu justru akan membuat teh lebih lengkap nutrisinya.

Misalnya seperti menambahkan perasan jeruk lemon atau buah-buahan asam justru dapat menambah komponen flavonoid pada segelas teh. Flavonoid ini bermanfaat untuk membantu menambah konsentrasi otak menjadi lebih tajam.

3. Teh tidak boleh dikonsumsi wanita hamil

Faktanya teh memang tidak disarankan untuk dikonsumsi terlalu sering pada ibu hamil. Hal ini berkaitan dengan kadar kafein pada beberapa jenis teh yang perlu diwaspadai oleh ibu hamil.

Jenis teh yang tidak disarankan untuk ibu hamil adalah teh hitam dan teh hijau. Kedua teh tersebut memiliki kadar kafein yang dinilai kurang aman untuk dikonsumsi pada ibu hamil karena dapat berdampak pada janin.

Baca juga: Kocak! 10 Cara Tak Terduga Minum Es Teh ala Netizen

Mitos dan fakta minum teh lainnya bisa dilihat pada halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT