ADVERTISEMENT

Ngopi Yuk!

Minum Proffee Sedang Viral, Apakah Sehat Kopi Campur Protein Bubuk?

Sonia Basoni - detikFood
Jumat, 26 Agu 2022 07:30 WIB
Proffee Diracik dari Kopi dan Bubuk Protein, Benarkah Menyehatkan?
Foto: Getty Images/iStockphoto/MartinPrescott
Jakarta -

Sedang viral dan trending di TikTok. Minuman Proffee, yang menggunakan campuran kopi dan protein bubuk jadi sorotan. Apa menyehatkan minuman kopi ini?

Semenjak adanya TikTok dan Instagram, banyak challenge atau tantangan yang datang silih berganti. Ada juga challenge yang biasanya mengajak orang-orang untuk mencicipi resep hingga minuman dengan kombinasi baru.

Dilansir dari Women's Health (25/08), salah satu yang tengah viral di TikTok kini ada Proffee. Minuman yang satu ini banyak dicoba oleh penggemar kopi, karena kombinasinya yang unik.

Pada dasarnya, minuman ini dibuat dari dua bahan seperti kopi espresso dan bubuk protein, yang biasa digunakan para atlet hingga binaragawan untuk menumbuhkan otot, hingga menjaga bentuk tubuh mereka.

Baca Juga: Rutin Minum Kopi Bagus untuk Kesehatan Hati, Ini Kata Peneliti" selengkapnya


Namun ada juga yang membuat Proffee dengan tambahan susu sehingga rasanya lebih legit dan creamy, karena kebanyakan bubuk protein rasanya tidak terlalu kuat.

Proffee Diracik dari Kopi dan Bubuk Protein, Benarkah Menyehatkan?Proffee Diracik dari Kopi dan Bubuk Protein, Benarkah Menyehatkan? Foto: Getty Images/iStockphoto/MartinPrescott

Banyak versi resep lainnya seperti mencampurkan kopi yang sudah jadi dari kafe dengan bubuk protein. Sampai menambahkan es batu hingga sirup karamel untuk membuat Proffee.

Di balik trennya Proffee, banyak yang penasaran, sebenarnya sehatkah minum kopi yang dicampur dengan bubuk protein?

Menjawab pertanyaan ini, ahli kesehatan Dokter Ahmad el Muntasar menjelaskan bahwa sebenarnya Proffee ini cukup sehat. Jika dilihat dari kombinasi bahan yang dipakai.

"Kandungan kafein dalam minuman ini bisa meningkatkan fokus, kinerja hingga konsentrasi seseorang. Bahkan juga membantu menurunkan berat badan. Sementara kandungan protein yang ada dalam Proffee, bagus untuk membangun massa otot. Karena semakin tinggi massa otot seseorang, maka semakin tinggi pula tingkat metabolisme yang dimiliki," jelas Dokter Ahmed.

Hal serupa juga diungkapkan oleh ahli gizi bernama Sarah Jane Hall, dari Doctor Seaweed. Ia menjelaskan pentingnya protein dalam makanan kita.

Proffee Diracik dari Kopi dan Bubuk Protein, Benarkah Menyehatkan?Proffee Foto: Getty Images/iStockphoto/MartinPrescott


"Pastikan kita mendapatkan protein yang cukup dari makanan, karena sangat penting untuk pertumbuhan serta perbaikan pada semua sel tubuh. Jika minum Proffee membantu kalian untuk mendapatkan asupan protein sehari-hari, maka minuman ini sebenarnya bisa disebut sehat," sambung Sarah.

Secara keseluruhan Proffee ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Naming, dokter Ahmed mengingatkan, bahwa minuman ini tentunya memiliki efek samping untuk tubuh.

"Sebenarnya saya tidak melihat adanya bahaya dari mencampurkan kopi dengan bubuk protein. Namun menambahkan banyak minuman kopi, bisa meningkatkan detak jantung, stress hingga hormon steroid (kortisol)," jelas Dokter Ahmed.

Sementara ahli gizin lainnya, seperti Melissa Snover lebih menyarankan untuk orang-orang beralih mengonsumsi sumber protein dari makanan.

"Karena sumber protein dari makanan ini lebih bermanfaat untuk tubuh, karena mengandung vitamin esensial, mineral hingga komponen yang tidak bisa ditemukan dalam bubuk protein. Selain itu perlu diingat bahwa banyak produk bubuk protein biasanya sudah ditambah dengan gula, hingga bahan pemanis buatan," tutur Melissa.

Untuk alternatif dari Proffee, beberapa ahli gizi menyarankan memilih minuman yang cocok untuk jadi penyumbang energi alami. Seperti matcha, smoothies dari sayuran hijau, air kelapa hingga kombucha. Karena minuman ini memiliki nutrisi hingga manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh.

Jadi, Proffee ini bukan merupakan minuman kopi yang berbahaya. Selama konsumsinya masih dalam batas wajar, dan diimbangi dengan pola makan sehat.

Baca Juga: Minum 3 Cangkir Kopi Sehari Terbukti Bikin Jantung Sehat" selengkapnya



Simak Video "Mencicipi Kopi di Festival Coffee Rajadesa Art and Culture"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT