ADVERTISEMENT

Sering Konsumsi 6 Makanan Ini Bikin Kamu Sering Kentut

Yenny Mustika Sari - detikFood
Jumat, 12 Agu 2022 05:00 WIB
Person farting
Foto: Getty Images/iStockphoto/grinvalds
Jakarta -

Kentut bisa menjadi tanda bahwa tubuh sehat dan berfungsi baik. Ada beberapa makanan yang dapat memicu kentut, seperti telur hingga kacang-kacangan.

Kentut merupakan mekanisme alami tubuh berupa gas yang dihasilkan dari proses penguraian makanan di sistem pencernaan. Salah satu ciri tubuh sehat adalah merasakan kentunt.

Kalau tidak kentut, tubuh akan merasa tidak nyaman. Terutama pada bagian perut, biasanya akan merasa sakit dan kembung. Kalau tidak kentut dalam waktu lama bisa menjadi gejala radang usus buntu.

Baca Juga: 5 Fakta Tinutuan, Bubur Manado yang Terbuat dari Beragam Sayuran

Dilansir dari BBC (9/8), berikut 6 makanan yang dapat memicu kentut.

1. Makanan Berlemak

Daging kambing untuk gulai kambing Sumatra.Daging Foto: iStock

Makanan yang mengandung lemak tinggi seperti daging sapi ternyata dapat memperlambat pencernaan kalau dikonsumsi terlalu banyak. Kalau proses pencernaan terhambat, daging ini bisa membuatnya bernanah di usus, berfermentasi, dan menjadi kenyal.

Daging berlemak sangat rumit karena kaya akan asam amino metionin, yang mengandung belerang. Ketika dipecah oleh bakteri usus menjadi hidrogen sulfida yang menyebabkan bau kentut seperti telur busuk.

2. Kacang-kacangan

Ada beberapa jenis kacang-kacangan yang populer di Indonesia. Kacang mengandung banyak serat, tetapi juga terdapat raffinose.

Zat itu merupakan gula kompleks yang tidak diproses dengan baik. Gula ini kemudin masuk ke usus dan menghasilkan hidrogen, metana,bahkan Kandungan belerang yang menyebabkan kentut bau busuk.

Baca Juga: Mantap! 5 Nasi Kuning Manado Lauk Cakalang Rica hingga Sambal Roa

3. Telur

Ahli gizi bagikan tips diet milenal dengan makan telurtelur Foto: Getty Images

Telur merupakan makanan facorit untuk sarapn karena bisa dihidangkan dengan beragam cara. Selain adanya kandungan protein, telur juga mengandung metionin yang mengandung belerang.

Jadi jika kamu tidak ingin kentut berbau, hindari makan telur bersama makanan penyebab kentut seperti kacang-kacangan atau daging berlemak. Jika telur membuat perut kembung dan membuat, kamu mungkin tidak toleran terhadapnya atau memiliki alergi.



Simak Video "Gerai Vegetarian di Senopati Ini Tawarkan Citarasa Resto Siap Saji"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT