ADVERTISEMENT

Mudah Ditiru! 4 Kebiasaan Ini Bantu Jaga Tulang Tetap Kuat dan Sehat

Diah Afrilian - detikFood
Rabu, 10 Agu 2022 07:00 WIB
Mudah Ditiru! 4 Kebiasaan Ini Bantu Jaga Tulang Tetap Kuat dan Sehat
Foto: Getty Images/iStockphoto/Vera_Petrunina

3. Perbanyak konsumsi sayuran hijau

Jika susu sama sekali tidak bisa ditambahkan ke dalam daftar rutinitas pola makan setiap hari, solusinya kamu bisa memperbanyak konsumsi sayuran hijau. Beberapa sayuran juga diungkapkan memiliki kandungan kalsium yang dapat menggantikan susu walaupun kandungannya tidak sama banyak.

Selain bisa dinikmati sebagai campuran pada makanan, Dunn menyebutkan bahwa sayuran hijau ini bisa dibuat menjadi smoothie yang segar. Sayuran hijau seperti bayam menjadi yang utama direkomendasikan oleh Dunn untuk dikonsumsi secara rutin.

Dunn menyarankan untuk mengonsumsi sayuran hijau karena 100 miligram sayuran hijau dapat memenuhi 10% dari kebutuhan kalsium yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu menggabungkan sayuran hijau dengan buah-buahan lain sebagai campuran smoothie juga dapat memberikan manfaat kesehatan yang lebih lengkap.

Mudah Ditiru! 4 Kebiasaan Ini Bantu Jaga Tulang Tetap Kuat dan SehatTidak hanya susu, buah jeruk yang kaya vitamin C juga mengandung kalsium yang baik untuk kesehatan tulang. Foto: Getty Images/iStockphoto/Vera_Petrunina

4. Rutin minum jus buah

Konsumsi buah menjadi salah satu cara yang bisa membantu menjaga keseimbangan pH tubuh dan berdampak terhadap keseimbangan kalsium. Walaupun seluruh buah-buahan sangat disarankan tetapi ada satu buah yang paling direkomendasikan yaitu buah prune.

Menurut penelitian yang dipublikasi oleh Integrative and Biomedical Physiology Program and the Department of Nutritional Sciences and Kinesiology di Pennsylvania State University buah prune terbukti dapat mencegah inflamasi yang menyebabkan penuaan pada tulang. Tetapi jika sulit didapatkan, jus jeruk yang difortifikasi juga mengandung 350 miligram yang baik untuk mencukupi kebutuhan kalsium tubuh.

Buah jeruk yang selama ini hanya dikenal penuh dengan vitamin C, nyatanya dapat menjaga kesehatan tulang dengan sangat baik melalui kandungan vitamin maupun mineralnya. Bahkan Dunn juga menyebutkan tidak masalah jika ingin membuat jus dari campuran beberapa jenis buah.



Simak Video "KuTips: Penting! 4 Cara Tepat Mengolah Daging Saat Darurat PMK"
[Gambas:Video 20detik]

(dfl/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT