ADVERTISEMENT

Ngopi Yuk!

Bolehkah Ibu Hamil Minum Kopi? Ini 5 Aturan yang Harus Diperhatikan

Diah Afrilian - detikFood
Kamis, 04 Agu 2022 08:00 WIB
Bolehkah Ibu Hamil Minum Kopi? Ini 5 Aturan yang Harus Diperhatikan
Foto: Getty Images/iStockphoto/Uladzimir Zuyeu

3. Efek kafein terhadap tubuh ibu hamil

Ada efek yang ternyata tidak banyak disadari oleh ibu hamil ketika mengonsumsi kopi. Normalnya, tubuh yang menerima kafein adalah merasa mulas dan seolah ingin membuang air besar.

Maka jika sudah mendekati hari perkiraan lahir, kopi sebaiknya menjadi minuman yang masuk ke dalam daftar yang tidak boleh dikonsumsi. Walaupun sebelumnya merasa bahwa tidak pernah mengalami masalah setelah minum tiga cangkir kopi sehari tetapi banyak ibu hamil yang mengaku mengalami perbedaan efek saat minum kopi setelah hamil.

Hal yang perlu ditekankan lainnya adalah ketika mengonsumsi terlalu banyak kafein selama kehamilan kemampuan tubuh untuk menyerap zat besi akan berkurang. Dampaknya terjadi kekurangan zat besi atau disebut juga anemia. Bahkan bagi penderita anemia disarankan untuk berhenti minum kopi sepenuhnya selama kehamilan.

4. Manfaat kafein selama kehamilan

Bolehkah Ibu Hamil Minum Kopi? Ini 5 Aturan yang Harus DiperhatikanWalaupun disebut memiliki manfaat tetapi ahli mengatakan masih perlu penelitian lebih lanjut. Foto: Getty Images/iStockphoto/Uladzimir Zuyeu

Secara umumnya, konsumsi kafein pada takaran yang disarankan dapat memberikan produksi energi yang lebih tinggi hingga meningkatkan kewaspadaan. Bahkan minum kopi juga dikatakan dapat memberikan energi pada malam hari terutama ketika harus membawa perut yang membesar saat hamil.

Tetapi mengurangi konsumsi kopi pada trimester kedua kehamilan justru dapat berdampak baik bagi kesehatan ibu hamil maupun bayinya. Pada sebuah penelitian terbaru, kebiasaan ini dikatakan dapat meminimalisir risiko diabetes gestasional yang biasanya terjadi selama masa kehamilan.

Walaupun disebutkan manfaat positifnya tetapi tetap saja pernyataan tersebut butuh bukti penelitian yang kuat dari para peneliti. Lagi-lagi, jika ingin mengonsumsi kafein ibu hamil harus waspada dengan jumlah yang sudah dinikmatinya.

5. Bolehkah diganti dengan teh?

Bukan karena kopinya tetapi kebutuhan tubuh akan kafein yang membuat penikmat kopi seolah tidak bisa lepas untuk berhenti meminumnya. Lantas bolehkan ibu hamil mengganti asupannya dengan sumber kafein yang lain seperti teh?

Teh disebutkan mengandung kadar kafein yang lebih rendah dibandingkan dengan kopi. Sebagian ahli dan peneliti setuju dan memperbolehkan konsumsi teh untuk menggantikan kebutuhan kopi pada ibu hamil. Tetapi tetap saja ada takaran yang wajib diperitmbangkan sebelum meminumnya.

Pada 236 militer air kopi disebutkan mengandung 95-165 miligram kafein dan pada takaran yang sama untuk kopi decaf hanya mengandung 2-5 miligram kafein. Sedangkan pada 236 mililiter teh hitam mengandung 25-48 miligram kafein dan pada teh hijau sebanyak 25-29 miligram kafein.



Simak Video "Makan Nasi Padang Murah Meriah di Dekat Bandara Soetta"
[Gambas:Video 20detik]

(dfl/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT