ADVERTISEMENT

Agar Ginjal Tetap Sehat Jangan Sering Konsumsi 5 Makanan Ini

Riska Fitria - detikFood
Selasa, 02 Agu 2022 05:00 WIB
Ginjal
Foto: Getty Images/iStockphoto/metamorworks
Jakarta -

Ginjal memiliki peranan penting dalam tubuh. Karenanya kesehatan ginjal harus dijaga dengan mengurangi konsumsi makanan yang tinggi sodium dan natrium ini.

Ginjal merupakan organ dalam tubuh yang berperan untuk membersihkan darah. Ginjal bertugas dengan menyaring dan membuang kotoran yang ada di dalam darah.

Dikutip dari Healthline, setiap hari ginjal bisa menyaring darah sekitar 200 liter. Ginjal yang sehat akan menjaga sel darah tetap sehat. Kesehatan ginjal tergantung dengan pola makan.

Kurangi konsumsi makanan dan minuman yang mengandung sodium dan natrium tinggi. Berikut 5 makanan yang sebaiknya dikurangi konsumsinya agar ginjal tetap sehat.

1. Daging Olahan

10 Resep Olahan Sosis yang Gurih Mantap, Bisa untuk Lauk BekalDaging olahan seperti sosis, hot dog, daging deli merupakan ancaman bagi kesehatan ginjal. Foto: iStock/detikfood

Daging olahan seperti sosis, hot dog, daging deli merupakan ancaman bagi kesehatan ginjal. Daging olahan mengandung sodium dan natrium dalam jumlah yang tinggi.

Jika kamu mengasup natrium 2.300 ml dalam sehari bisa meningkatkan tekanan darah dan mengganggu kesehatan ginjal. Selain itu, daging olahan tinggi akan protein hewani.

Sementara itu, jika kamu mengasup lebih banyak protein hewani tanpa mengimbangi dengan sayuran, bisa meningkatkan laju perkembangan penyakit ginjal.

Baca Juga: Gegara Tak Suka Minum Air Putih, Wanita Ini Harus Rutin Cuci Darah

2. Produk Olahan Susu

Susu dan produk olahan susu lainnya juga harus dikurangi karena tidak bagus untuk kesehatan ginjal. Susu mengandung fosfor dalam jumlah yang tinggi,

Kandungan tersebut bisa memberikan tekanan pada organ ginjal. Selain itu, kelebihan fosfor juga bisa menyebabkan gangguan kesehatan lainnya. Mulai dari mual, muntah, tubuh lemas dan sesak nafas.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT