Minum Kopi Campur Durian Tidak Bahayakan Kesehatan, Ini Buktinya

ADVERTISEMENT

Ngopi Yuk!

Minum Kopi Campur Durian Tidak Bahayakan Kesehatan, Ini Buktinya

Riska Fitria - detikFood
Sabtu, 16 Jul 2022 08:00 WIB
Kopi campur durian
Foto: iStock/detikcom
Jakarta -

Banyak orang yang percaya bahwa makan durian tidak boleh bersamaan dengan minum kopi karena bisa membahayakan kesehatan. Ini faktanya.

Bagi penikmat durian pasti sering mendengar beberapa pantangan ketika makan durian. Salah satu yang paling populer adalah pantangan makan durian yang dibarengi minum kopi.

Dalam 100 gram buah durian mengandung 27 gram karbohidrat, 4 gram serat, 1,5 gram protein, 5 gram lemak, 20 mb magnesium, 39 mf fosfor, vitamin A, C dan mineral lainnya.

Sementara 100 gram biji kopi mengandung 8 gram protein, 26 gram lipid, 62 gram karbohidrat, 6 gram serat, 169 mg kalsium, 150 mg natrium dan lainnya.

Baca Juga: Istimewa! Durian Kampung Organik Jepara yang Manis Pahit Ini Jadi Incaran

Kopi campur durianAlif, Direktur Utama Durian Traveler mencoba membuat kopi durian Foto: iStock/detikcom

Durian memang tinggi kalori. Selain itu, durian yang terlalu matang mengandung alkohol akibat fermentasi, sehingga mungkin menyebabkan meningkatnya denyut jantung pada beberapa orang sensitif.

Namun, belum ada bukti yang mendukung anggapan bahwa makan durian dan minum kopi berbahaya dan bisa menyebabkan kematian. Anggapan ini juga dibantah oleh Alif, Direktur Utama Durian Traveler.

Kepada detikcom (12/07) Alif mengatakan bahwa anggapan tersebut hanyalah mitos belaka. Bahkan hampir setiap hari, ia selalu mengonsumsi kopi yang dicampur durian.

Kopi durian bahkan jadi salah satu menu yang ditawarkan coffee shop di Durian Traveler Store. Alif menyarankan menggunakan jenis kopi Arabika yang diseduh dengan metode V60.

Baca Juga: Gegara Cuaca Buruk, Harga Durian Musang King Jadi Rp 200 Ribuan per Kg

Kopi campur durianMembuat kopi durian disarankan menggunakan durian yang karakteristiknya sama seperti durian Musang King Foto: iStock/detikcom

Jadi, kopi yang sudah diseduh kemudian campurkan daging buah durian. Lalu, diaduk hingga duriannya tercampur rata pada kopinya.

"Dengan menggunakan kopi yang benar, duriannya juga durian premium kita juga akan dapat paduan yang saling mendukung," ujar Alif.

Alif menceritakan bahwa ia pernah mencoba kopi durian dengan espresso dan Americano, tapi rasa kopinya lebih kuat. Dengan metode V60, maka antara kopi dan durian rasanya seimbang.

Alif menyarankan untuk tidak menambahkan gula pada kopi. Jadi, rasa manis kopinya didapatkan dari campuran durian. Selain itu, ia juga menyarankan menggunakan durian yang tidak terlalu besar.

Durian premiumKopi campur durian aman selama tidak berlebihan Foto: iStock

"Dipadu dengan durian premium mau jenis apa aja gak ada masalah. Saya sarankan bukan durian yang besar seperti montong atau bawor. Durian lokal yang karakternya seperti musang king itu pas sekali," lanjutnya.

Alif menambahkan bahwa resep kopi durian tersebut didapatkan dari teman-teman pecinta durian di Malaysia. Ia sudah membuktikan sendiri perpaduan kopi dan durian tidak berbahaya asalkan tidak berlebihan.

"Saya hampir setiap hari minum kopi durian, dan saya juga selalu kontrol ke dokter saya. Alhamdulillah tidak ada masalah. Selama tidak berlebihan tidak masalah," tutupnya.

Baca Juga: Beli Durian Rp 1 Juta, Pelanggan Ini Ditipu dan Malah Diejek Penjual



Simak Video "Warga Polewali Mandar Pesta Durian: Makan Sepuasnya Gratis!"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT