ADVERTISEMENT

4 Manfaat Makan Tomat Selain Buat Kulit, Bisa Usir Galau!

Yenny Mustika Sari - detikFood
Kamis, 07 Jul 2022 07:30 WIB
Manfaat makan tomat yang sehatkan tubuh
Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Tomat punya beragam manfaat sehat untuk tubuh jika rutin dikonsumsi. Dipercaya dapat memperbaiki suasana hati hingga mengurangi risiko kulit rusak karena UVB.

Tomat merupakan buah yang dapat dinikmati dengan beragam cara. Bisa dinikmati mentah, dijadikan jus segar, hingga diolah menjadi masakan nikmat.

Buah berwarna merah ini diketahui mengandung nutrisi tinggi, seperti folat, vitamin C, dan potasium. Tomat juga diketahui mengandung likopen tinggi dengan kadar 30-200 mg/kg. Manfaat likopen tersebut dapat dirasakan manfaatnya setelah tomat dimasak.

Dilansir dari Eat This (30/6), tomat menyimpan beragam manfaat sehat. Seperti menyehatkan kulit wajah hingga memperbaiki suasana hati.

Baca Juga: Zonk! Berharap Dapat Durian Tebal Legit yang Didapat Sebesar Mutiara

Berikut 4 manfaat tomat yang dapat menyehatkan tubuh:

1. Mengurangi Risiko Kulit Rusak

Manfaat makan tomat yang sehatkan tubuhManfaat makan tomat yang sehatkan tubuh Foto: Getty Images/iStockphoto

Menurut ahli gizi Elena Paravantes, tomat mengandung karotenoid yang tinggi. Kandungan tersebut merupakan jenis antioksidan tertentu yang dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

Hal ini disebutkan dalam sebuah studi pada tahun 2017 di Scientific Reports. Pihaknya menemukan bahwa konsumsi tomat secara teratur dapat mencegah kulitmu terkena sengatan matahari. Hal ini dapat mengurangi risiko tumor kulit yang diinduksi oleh UVB.

2. Memperbaiki Suasana Hati

Perasaan galau dialami semua orang. Saat suasana hati memburuk, pasti kamu akan merasakan kesal hingga stres. Untuk memperbaiki suasana hati, bisa dengan mengonsumsi tomat.

Sebuah studi tahun 2013 dalam The Journal of Affective Disoders menemukan bahwa peserta yang makan tomat 2-4 kali dalam seminggu 46% lebih kecil mengalami gejala depresi. Sangat jauh perbandingannya jika dibandingkan dengan mereka yang makan tomat kurang dari seminggu sekali.

Paravantes mengungkapkan kalau kandungan zat antioksidan yang membantu seseorang dalam memperbaiki suasana hati. Termasuk zat likopen dalam tomat.

Baca Juga: 5 Warung Gado-gado Langganan Pejabat dan Artis, Prabowo hingga Ruben Onsu



Simak Video "Yuk Buat Brownies Tomat, Lezat dan Pasti Sehat!"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT