ADVERTISEMENT

Sayangi Keluarga, Stop Lakukan Ini saat Menyimpan Makanan di Kulkas!

Inkana Putri - detikFood
Kamis, 30 Jun 2022 13:26 WIB
Polytron
Foto: Polytron
Jakarta -

Membersihkan kulkas seringkali menjadi hal yang menyebalkan. Apalagi jika makanan di dalam kulkas membusuk dan menimbulkan bau tak sedap.

Membusuknya makanan di dalam kulkas biasanya disebabkan karena kesalahan menyimpan makanan. Melansir well and good, berikut beberapa kesalahan yang dapat menyebabkan makanan cepat layu dan membusuk di kulkas.

1. Menyimpan Semua Makanan di Kulkas

Menyimpan semua makanan di kulkas menjadi salah satu masalah klasik penyebab makanan layu dan membusuk. Padahal, terdapat beberapa jenis makanan yang harus disimpan di suhu kamar di antaranya, tomat, melon, kentang, bawang putih, jeruk, pisang, pir, persik, dan bawang merah.

Menyimpan makanan-makanan tersebut di dalam kulkas sebenarnya dapat mempengaruhi rasa dan tekstur. Terlebih lagi, menyimpan buah-buahan dan sayuran tertentu di lemari es dalam satu wadah dapat menyebabkannya lebih cepat rusak. Sebab, beberapa makanan mengeluarkan gas etilen yang menyebabkan sayuran dan buah sensitif terhadapnya.

2. Mencuci Produk Sebelum Disimpan di Kulkas

Kebanyakan orang kerap mencuci makanan sebelum disimpan agar terhindar dari kuman, kotoran, dan menjaganya tetap sehat. Padahal, mencuci buah dan sayuran sebelum disimpan di kulkas dapat mengakibatkan kelembapan berlebih. Alhasil, pertumbuhan bakteri pun menjadi lebih cepat sehingga berpotensi menyebabkan penyakit. Selain itu, makanan juga bisa menjadi gampang layu. Untuk menghindari hal ini, sebaiknya keringkan dahulu makanan setelah dicuci. Atau, cuci makanan saat hendak dikonsumsi.

3. Menaruh Sayur Di Tempat yang Tidak Sesuai

Setiap makanan pada dasarnya memiliki cara penyimpanan yang berbeda. Misalnya, untuk sayuran hijau bertangkai panjang, Anda bisa menyimpannya layaknya bunga segar, yakni dalam segelas air tawar. Anda bisa potong batangnya, tutupi dengan sedikit bungkus plastik, dan letakkan di lemari es.

4. Menaruh Makanan Baru di Posisi Depan

Usai berbelanja bulanan, kebanyakan orang kerap menyimpan makanan baru di posisi depan. Sementara sisa-sisa makanan lama dibiarkan di posisi belakang. Sebaiknya, saat menyimpan barang belanjaan, letakkan makanan yang lama di posisi depan. Sedangkan, makanan terbaru yang bisa bertahan lebih lama diletakkan di belakang. Adapun hal ini akan memastikan makanan yang perlu dimakan terlebih dahulu berada di depan mata Anda.

5. Tidak Rutin Merawat Kulkas

Hal lainnya yang juga dapat membuat makanan cepat layu adalah membiarkan kulkas dalam keadaan tak terawat. Misalnya, tidak membersihkan kulkas selama berbulan-bulan, atau menyimpan makanan di wadah plastik biasa. Agar makanan tetap awet dan tahan lama, pastikan untuk membersihkan kulkas secara rutin. Selain itu, belilah beberapa wadah yang lebih bagus untuk menyimpan buah, sayuran, dan daging secara terpisah.

Nah, itulah beberapa kesalahan yang sering dilakukan saat menyimpan makanan di kulkas. Di samping itu, pemilihan kulkas yang salah juga bisa berpengaruh terhadap kondisi makanan. Oleh karena itu, pastikan untuk memilih kulkas yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan harian.

Salah satu rekomendasi kulkas yang bisa kamu beli yaitu Kulkas Belleza Varia Series dari Polytron yang memiliki banyak keunggulan. Kulkas Belleza Varia Series memiliki teknologi Vacuum Compartment yang dapat menghisap oksigen keluar sehingga menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur yang menyebabkan kebusukan pada sayur dan buah sehingga menjadi tetap segar hingga 21 hari.

Polytron Foto: Polytron

Kulkas ini juga sudah dilengkapi dengan tempered glass door dan tempered glass rack yang 20x lebih kuat dari rak plastik biasa, sehingga cocok untuk kamu yang memiliki anggota keluarga banyak, pastinya membutuhkan kulkas dengan kapasitas penyimpanan yang lebih besar.

Selain itu, Kulkas Belleza Varia Series dilengkapi inverter yang membuatnya hemat energi listrik hingga 30 lebih hemat sehingga bisa bebas dari tagihan yang membengkak. Tak hanya hemat energi, Kulkas Belleza Varia Series juga memiliki desain yang cantik dan elegan terinspirasi dari alam sehingga membuat dapur jadi pusat perhatian.

Yuk segera miliki Kulkas Belleza Varia Series agar menyimpan makanan jadi lebih mudah, awet, dan segar lebih lama. Kulkas Belleza Varia Series dari Polytron ini juga bisa didapatkan di website resmi www.polytron.co.id atau di official store e-commerce Polytron.

(ads/ads)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT