ADVERTISEMENT

Intip Cara Masak Nasi Pulen ala Jepang buat Keluarga di Rumah

Jihaan Khoirunnisa - detikFood
Selasa, 28 Jun 2022 17:46 WIB
Nasi Jepang
Foto: Shutterstock/
Jakarta -

Rasa nasi dari Jepang terkenal enak. Hal ini karena kualitas beras yang digunakan unggul, premium dan bersih. Selain itu nasi dari beras Jepang juga lembut dan pulen ketika dimasak, sehingga menambah nikmat hidangan yang tengah dimakan.

Meski memiliki jenis beras yang berbeda, namun kamu tetap bisa meniru cara masak nasi pulen ala Jepang di rumah dengan hanya menggunakan rice cooker saja, lho. Merangkum berbagai sumber, ini dia rahasia masak nasi khas Jepang yang bisa kamu coba di rumah.

1. Cuci Sampai Bersih

Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu mencuci beras yang akan dipakai. Pastikan kamu mencucinya sampai bersih. Namun hindari mencuci beras terlalu lama, atau sekitar 3 kali saja. Karena jika berlebihan, justru akan menghilangkan serat pada beras.

2. Jangan Masukkan Air Terlalu Banyak

Kunci untuk mendapatkan nasi yang pulen dan enak terletak pada takaran airnya. Pastikan kamu memasukkan jumlah air yang sesuai. Atau dengan rasio 1:1 untuk air dan berasnya. Jangan sampai air yang digunakan malah terlalu banyak.

3. Jangan Buka Tutup Panci/Rice Cooker

Apakah kamu sering membuka tutup panci saat memasak nasi? Jika ya, sebaiknya dikurangi ya jika ingin nasi yang dihasilkan lebih pulen. Sebab membuka tutupan panci terlalu sering bisa merusak proses pengukusan dan menyebabkan nasi menjadi kering atau kurang matang. Lebih baik, selama proses memasak nasi dibiarkan saja sampai matang sempurna.

4. Gunakan Perlengkapan yang Tepat

Untuk mendapatkan hasil nasi yang pulen dan empuk, tentu alat masaknya tidak boleh sembarangan. Kamu bisa pilih Rice Cooker Donabe dari Polytron yang dapat menghasilkan nasi sepulen nasi Jepang. Rice cooker ini dilengkapi teknologi DONAHEAT 3D sehingga proses pemanasannya lebih merata dari 3 arah.

Rice Cooker DonabeFoto: Polytron

Kapasitasnya juga cukup besar, yaitu sekitar 2 liter. Hal ini membuat rice cooker Donabe cocok untuk memasak nasi bagi seluruh keluarga. Kamu nggak perlu khawatir nasi menjadi menjadi kering hingga berkerak atau nasi cepat basi. Rice cooker Donabe juga memiliki wadah inner pot yang lebih kuat dan tahan lama, serta mudah dilepas pasang sehingga membersihkannya menjadi lebih mudah.

Rice Cooker DonabeFoto: Polytron

Dengan adanya wadah inner pot 6 lapis + Ceramic Coating menjadikan nasi tetap enak sepulen nasi Jepang serta menjaganya selalu hangat hingga 48 jam.

Tidak hanya digunakan untuk memasak nasi saja, kamu juga bisa memanaskan dan mengukus makanan berkat fitur 3-in-1 cooking yang tersemat di perangkat ini. Dengan rice cooker Donabe Polytron, kamu bisa lebih mudah masak nasi sepulen nasi Jepang. Rice cooker Donabe dari Polytron ini juga bisa didapatkan di website resmi Polytron atau di official store e-commerce Polytron.



Simak Video "Pengakuan Pemotor di Pasuruan yang Pakai Helm Rice Cooker"
[Gambas:Video 20detik]
(ads/ads)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT