ADVERTISEMENT

Intoleransi Gluten? Ini 5 Makanan yang Harus Dipantang dan Baik Dikonsumsi

Atiqa Rana - detikFood
Rabu, 22 Jun 2022 08:00 WIB
Makanan yang harus dihindari dan dikonsumsi bagi para penderian intoleransi gluten.
Foto: Getty Images
Jakarta -

Agar kesehatan tubuh tetap terjaga, mereka yang intoleransi gluten harus pantang beberapa makanan tertentu. Tetapi ada juga makanan yang harus dikonsumsi.

Gluten adalah sekelompok protein yang ditemukan dalam biji-bijian seperti gandum dan barley. Biasanya produk ini terdapat pada makanan gandum. Meskipun gluten sering ditemukan pada beberapa makanan pokok atau olahan, namun tidak semua orang bisa mengonsumsinya

Mereka yang tidak bisa makan produk gluten biasa disebut memiliki penyakit intoleransi gluten atau sensitif gluten. Biasanya ditandai dengan penyakit celiac ataupun alergi gandum. Sekelompok orang ini memiliki sensitivitas lebih tinggi terhadap gluten dan tentunya harus menghindari makanan berbasis gluten.

Jika tidak, akan menyebabkan kerusakan usus dan menyebabkan beberapa gejala seperti diare, gas, dan kembung. Jika memang terlalu parah, para penderita celiac juga bisa terkena kondisi autoimun seperti anemia dan pertumbuhan yang terhambat.

Karena itu untuk menghindari gejala yang timbul, berikut adalah 5 makanan yang harus dihindari dan makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita intoleransi gluten, dirangkum dari healthline.com (10/09/2020).

Makanan yang Harus Dihindari

1. Biji-bijian yang Mengandung Gluten

Orang yang memiliki penyakit intoleransi gluten, harus menghindari beberapa macam biji-bijian yang mengandung gluten seperti gandum, tepung ketan, gandum hitam, hingga kuskus.

Meskipun gandum secara alami bebas gluten, tetapi mungkin sebagiannya pernah terkontaminasi oleh gluten selama pemrosesan. Jika tidak ingin mengalami gejala, lebih baik untuk menghindarinya.

2. Roti dan Biskuit

Makanan yang harus dihindari dan dikonsumsi bagi para penderian intoleransi gluten.Salah satu cara yang bisa membuktikan bahwa makanan tersebut aman dikonsumsi yaitu dengan melihat bahan-bahan yang terkandung di dalamnya. Foto: Getty Images

Sebagian besar roti dan biskuit memiliki kandungan gluten. Salah satu cara yang bisa membuktikan bahwa makanan tersebut aman dikonsumsi yaitu dengan melihat bahan-bahan yang terkandung di dalamnya.

Bagi mereka yang memiliki intoleransi gluten, sebaiknya menghindari makan roti putih, roti gandum, roti kentang, biskuit gandum, hingga tortilla tepung.



Simak Video "Masakan Manado Halal di Serpong Ini Ludes Terjual dalam 3 Jam"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT