Japgokbap, Nasi Campur Biji-bijian ala Korea yang Sehat Buat Sarapan

ADVERTISEMENT

Japgokbap, Nasi Campur Biji-bijian ala Korea yang Sehat Buat Sarapan

Yenny Mustika Sari - detikFood
Minggu, 19 Jun 2022 06:00 WIB
Japgokbap, nasi campur biji-bijian ala Korea
Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Orang Korea terbiasa mengonsumsi nasi yang dicampurkan biji-bijian setiap harinya. Nasi Ini populer sebagai japgokbap atau ogokbap. Ini faktanya!

Orang Korea dikenal memiliki tubuh ideal yang bugar. Dikarenakan mereka rutin mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat. Terbukti dengan makanan harian yang mereka konsumsi, kaya serat dan protein.

Dilansir dari Kimchimari (17/6), salah satu makanan yang rutin dikonsumsi oleh orang Korea adalah nasi. Namun penyajiannya berbeda karena diberikan campuran biji-bijian.

Nasi campur biji-bijian ini dikenal dengan nama japgokbap atau ogokbap. Penyajian nasi khas Korea ini selalu disantap oleh orang Korea saat sarapan, makan siang, maupun makan malam.

Baca Juga: Pembeli Gagal Fokus, Penjual Ayam Geprek Ini Mirip Stefan William

Hidangan Sehat dan Bergizi

Japgokbap, nasi campur biji-bijian ala KoreaJapgokbap, nasi campur biji-bijian ala Korea Foto: Getty Images/iStockphoto

Tak hanya nasi putih saja yang kerap dikonsumsi orang Korea, tapi ada jenis lain yang dianggap lebih sehat. Nasi putih itu kerap ditambahkan biji-bijian saat dimasak.

Jadi, tidak hanya mendapatkan asupan karbohidrat saja. Adanya biji-bijian ini dapat meningkatkan asupan serat. Biji-bijian tersebut juga mengandung lemak tidak jenuh yang menyehatkan dan mineral.

Biji Apa yang Dipakai?

Japgokbap atau nasi campur biji-bijian ala Korea ini biasanya mengandung 3 sampai jenis biji-bijian jenis serealia, seperti sorgum, millet, sweet rice, dan adzuki red beans.

Kemudian dicampurkan dengan 1 sampai dua kacang-kacangan, seperti chickpea (kacang Arab), kacang hitam, kacang merah, dan kacang kranberi. Lalu, biji-bijian dan kacang-kacangan ini diolah dengan beras merah atau beras hitam.

Biji-bijian ini mudah sekali ditemui di e-commerce. Ada yang dalam satu kemasan sudah sudah berisi aneka biji-bijian, sehingga tinggal dicampurkan ke dalam nasi. Harganya mulai dari Rp 30.000-an saja.

Baca Juga: 5 Tempat Kuliner Enak di dekat Halte Busway Podomoro City, Ada Burger dan Soto Betawi



Simak Video "Bikin Laper: Nasi Campur Bali Enak yang Legendaris"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT