ADVERTISEMENT

Kombinasi Hebat! Makan Jahe dan Cabai Punya 5 Manfaat Sehat Ini

Diah Afrilian - detikFood
Sabtu, 18 Jun 2022 05:00 WIB
Kombinasi Hebat! Makan Jahe dan Cabai Punya 5 Manfaat Sehat Ini
Foto: Getty Images/iStockphoto/Stefan Tomic

3. Mengatasi mual

Pada beberapa kondisi, jahe dan cabai bahkan dimanfaatkan oleh tenaga medis untuk mencegah mual dan muntah pada pasien dengan kondisi tertentu. Misalnya pasca operasi atau bahkan setelah melakukan kemoterapi.

Menurut sebuah penelitian, jahe menjadi salah satu bahan yang paling efektif untuk mengatasi mual pada saat kehamilan. Pengamatan terhadap lebih dari 12 penelitian menunjukkan bahwa 1.278 wanita hamil berhasil mengalami penurunan gejala mual setelah mengonsumsi jahe sebanyak 1,1 gram hingga 1,5 gram per hari.

Tetapi agar tidak menimbulkan dampak negatif, konsumsi jahe juga disarankan untuk dikonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter yang bertanggung jawab. Ada beberapa kondisi yang justru disarankan untuk menghindari konsumsi jahe dan cabe misalnya seperti pada masa kehamilan yang mendekati kelahiran.

4. Meringankan nyeri sendi

Kombinasi Hebat! Makan Jahe dan Cabai Punya 5 Manfaat Sehat IniKonsumsi jahe secara rutin dapat meredakan nyeri sendi pada orang dewasa. Foto: Getty Images/iStockphoto/Stefan Tomic

Nyeri sendi kerap dialami orang dewasa yang memasuki masa lanjut usia. Menurut sebuah pengamatan penelitian, orang-orang yang terbiasa mengobati nyeri sendinya dengan jahe justru mengalami hasil yang lebih positif.

Rasa kaku dan nyeri pada bagian persendian diakui berkurang dan semakin membaik setelah mengonsumsi jahe dan cabai. Hanya saja ada rasa akhir dari jahe yang juga tidak sedikit dikeluhkan karena terlalu kuat dan menempel pada mulut.

Dalam penelitian ini para partisipan diberikan 1,5 gram jahe setiap hari selama 3 hingga 2 minggu. Hasilnya keluhan nyeri sendi yang banyak dialami pada bagian lutut terasa lebih ringan dan jauh membaik dibandingkan sebelumnya.

5. Mencegah Alzheimer

Alzheimer salah satu pemicunya adalah penuaan yang terjadi pada tubuh seseorang. Stres oksidatif dan inflamasi yang terjadi di dalam tubuh menjadi pemicu penuaan yang lebih cepat termasuk penuaan sel-sel otak yang berujung membuat banyak orang yang menderita Alzheimer.

Menurut penelitian yang dilakukan pada hewan, konsumsi jahe ternyata memang dapat membantu mengatasi inflamasi yang terjadi di dalam otak. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa konsumsi jahe dapat meningkatkan fungsi otak secara langsung.

Menurut sebuah penelitian terhadap wanita dewasa di tahun 2012, konsumsi jahe terbukti ampuh untuk meningkatkan waktu reaksi dan fungsi memori bahkan pada orang dewasa. Tetapi untuk sementara waktu, pembuktian manfaat jahe dan cabai untuk meningkatkan fungsi otak telah terbukti pada beberapa jenis hewan.



Simak Video "Bikin Laper: Mie Titi dan Nasi Merah Legendaris dari Makassar"
[Gambas:Video 20detik]

(dfl/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT