ADVERTISEMENT

5 Makanan dan Minuman Sehat untuk Turunkan BB Karena Gemuk Air

Sonia Basoni - detikFood
Kamis, 16 Jun 2022 06:00 WIB
Trik diet agar cepat turun berat badan
Foto: iStock
Jakarta -

Berbeda dengan gemuk lemak. Gemuk air terjadi karena retensi air atau cairan dalam tubuh. Ada beberapa makanan dan minuman sehat untuk menurunkan gemuk air ini.

Membahas istilah water weight atau gemuk air, bisa disebabkan karena retensi air yang menyebabkan penambahan berat badan. Retensi air ini terjadi karena konsumsi karbohidrat berlebih, pola makan yang tidak stabil, konsumsi natrium berlebihan hingga faktor cuaca.

Menurut beberapa ahli gizi, berat air atau gemuk air ini sering dipicu oleh orang yang mengonsumsi makanan dengan kandungan garam tinggi. Ditambah dengan gaya hidup yang tidak diseimbangi dengan olahraga, sehingga tubuh jarang bergerak.

Untuk menurunkan gemuk air ini bisa dengan cara mengubah pola makan jadi lebih sehat. Mengurangi konsumsi garam, dan mengonsumsi beberapa makanan dan minuman sehat di bawah ini seperti yang dilansir dari Food NDTV.

Baca Juga: 5 Makanan untuk Masker Wajah Alami yang Bikin Mulus dan Glowing" selengkapnya


1. Air Putih

A mature woman looking away happily as she holds a glass of waterA mature woman looking away happily as she holds a glass of water Foto: Getty Images/iStockphoto/STEEX

Menurut ahli gizi Lauren Manaker di situs Eat This, Not That!. Air putih merupakan salah satu minuman wajib yang digunakan orang untuk memangkas gemuk air. Karena tubuh perlu tetap terhidrasi dengan air mineral, yang juga membantu tubuh untuk memangkas berat badan.

Tentunya air putih atau air mineral ini bisa membasuh beberapa faktor penyebab retensi air, yang membuat tubuh menjadi gemuk. Selain itu Lauren menambahkan, bahwa air putih bukan hanya bermanfaat untuk mengihdrasi tubuh.

Tapi minuman ini mengandung banyak mineral penting seperti elektrolit, yang membantu fungsi tubuh tetap seimbang. Air putih bisa disandingkan dengan makanan yang mengandung banyak air, seperti semangka dan mentimun contohnya.

2. Makanan Rendah Garam

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, salah satu faktor penyebab utama gemuk air adalah konsumsi garam yang berlebihan. Garam ini bisa didapatkan dari makanan yang gurih, sampai makanan yang mengandung lemak tinggi.

Salah satu makanan yang wajib dihindari adalah makanan cepat saji atau junkfood, seperti burger, kentang goreng hingga pizza. Kemudian makanan olahan, seperti sosis atau nugget. Tak terkecuali makanan kaleng yang biasanya memiliki kandungan sodium atau garam tersembunyi.

3. Pisang

Manfaat PisangManfaat Pisang Foto: Getty Images

Pisang masuk ke dalam jajaran buah yang direkomendasikan, jika sedang ingin memangkas lemak yang disebabkan oleh air. Memang pisang tidak mengandung air sebanyak semangka. Namun pisang tinggi kandungan potasssiumnya.

Potassium ini lah yang bisa membantu tubuh mengeluarkan lemak air lewat saluran pencernaan, dan membuat perut tetap rata anti bunci. Selain membatasi asupan makanan dengan garam tinggi, meyantap makanan yang tinggi potassium juga bisa menghindari tubuh jadi membengkak dan sebagainya.

Pilihan lainnya yang tak kalah bagus ada daging tanpa lemak, buah kiwi, brokoli, ubi dan tomat. Makanan-makanan ini membuat tubuh lebih lama kenyang, dan kalori tetap terjaga.



Simak Video "Gerai Vegetarian di Senopati Ini Tawarkan Citarasa Resto Siap Saji"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT