ADVERTISEMENT

7 Buah dan Sayuran Tinggi Karbohidrat, Menu Sehat Buat Diet

Diah Afrilian - detikFood
Sabtu, 04 Jun 2022 06:00 WIB
Organic eggplants on wood background
Foto: Getty Images/iStockphoto/ozgurdonmaz

4. Tomat

Tomat mudah diolah menjadi beragam hidangan. Mulai dari campuran untuk soto, bumbu masakan, bahkan sambal yang tidak bisa lepas dari lidah orang Indonesia.

Ternyata tomat bukan hanya sekadar buah yang kaya akan kandungan vitamin A-nya saja. Tomat bahkan disarankan untuk menjadi pengganti karbohidrat oleh para ahli. Menambahkan lebih banyak tomat pada salad atau sayur, misalnya, disarankan para pakar kesehatan.

5. Timun

Buah yang kaya akan kandungan air ini paling sering ditemukan dalam campuran makanan maupun pelengkap seperti lalapan. Bukan hanya dapat menetralisir rasa pedas dan rasa yang terlalu kuat pada makanan, timun juga disarankan untuk menjadi alternatif karbohidrat.

Timun dinobatkan sebagai buah yang kaya akan air, serat tetapi rendah kadar kalorinya. Menambahkan timun lebih banyak untuk menjadi pendamping lauk makan dinilai oleh ahli akan membantu mencukupi kebutuhan karbohidrat.

apple isolated on wood backgroundTidak hanya memiliki vitamin, serat yang tinggi pada apel juga dinilai cocok untuk mengganti kebutuhan karbohidrat. Foto: iStock

6. Apel

Frasa satu buah apel dapat menjauhkan dokter ternyata benar adanya. Tidak hanya bisa dinikmati sebagai jus, smoothie atau dimakan secara segar, apel juga bisa dikonsumsi untuk sumber karbohidrat.

Apel sangat disarankan untuk ditambahkan dalam berbagai hidangan yang memungkinkan. Misalnya seperti salad atau yang lainnya. Apel yang ditambahkan selai kacang di atasnya bahkan juga disebut sebagai camilan sehat yang lebih baik untuk dikonsumsi dibandingkan camilan ringan yang tinggi garam dan kalorinya.

7. Nanas

Nanas menjadi salah satu buah yang merajai pasar-pasar di Indonesia, baik di pasar tradisional hingga pasar swalayan. Rasanya yang manis dan sedikit asam dengan kandungan air melimpah ini punya banyak khasiat yang baik untuk tubuh.

Nanas disebut-sebut menjadi buah yang tinggi karbohidrat. Selain itu kandungan nutrisi penting yang ada di dalam nanas, jika dikonsumsi setelah makan juga dapat membantu menetralkan mulut dan saluran pencernaan dari lemak makanan.


(dfl/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT