'Swedish Meatballs' IKEA Ternyata Bukan Makanan Asli Swedia

Atiqa Rana - detikFood
Jumat, 20 Mei 2022 14:30 WIB
Swedish Meatballs
Foto: iStock
Jakarta -

IKEA toko furnitur terkenal di dunia membeberkan bahwa 'Swedish Meatballs' ikonik mereka ternyata bukan asli dari Swedia. Fakta inipun mengejutkan banyak orang.

'Swedish Meatballs' telah menjadi menu favorit di restoran IKEA. Bahkan bisa mendukung brand mereka menjadi lebih kuat. Sajian ini dijual di setiap foodcourt IKEA di dunia termasuk di Indonesia.

Pembeli yang lapar pasti langsung tertuju untuk mendapatkan hidangan lezat khas Swedia ini. Setiap tahunnya toko furnitur IKEA telah berhasil menjual sekitar satu miliar menu ikonik ini.

Sajian ini berupa bola bola daging dengan saus cokelat yang encer, sayuran, mashed potatoes, dan selai lingonberry. Tampilannya memang seperti makanan khas Swedia. Tetapi faktanya berbeda.

Swedish MeatballsSajian ini berupa bola bola daging dengan saus cokelat yang encer, sayuran, mashed potatoes, dan selai lingonberry. Tampilannya memang seperti makanan khas Swedia. Foto: iStock

Dilansir dari mirror.co.uk (19/05), tahun 2018 silam akun Twitter resmi Swedia menimbulkan kehebohan. Mereka mengungkapkan bahwa sebenarnya menu bola-bola daging autentik yang dijual di IKEA ini bukan berasal dari Swedia, melainkan diimpor dari Turki.

Bola bola daging memang telah lama dikonsumsi di Turki yang biasa disebut 'Kofte.' Bentuknya lebih pipih dengan penyajian yang dilengkapi dengan roti turki, acar, salad, dan hummus.

Swedish meatballsBola bola daging memang telah lama dikonsumsi di Turki yang biasa disebut 'Kofte.' Bentuknya lebih pipih dengan penyajian yang dilengkapi dengan roti turki, acar, salad, dan hummus. Foto: iStock

Menurut sejarah hidangan ini ternyata diperkenalkan ke Swedia oleh Raja Charles XII sebagai alat untuk mengembangkan hubungan dengan kekaisaran Ottoman.

Lalu setelah kalah perang dengan Rusia, pada awal 1700-an, Raja Charles XII diasingkan ke dekat Moldova. Ia kembali pulang dengan membawa bola-bola daging dan kopi khas dari Istanbul ini.

Sejak saat itulah akhirnya bola-bola daging itu banyak tersebar di Swedia hingga menjadi makanan khas mereka.

Selama bertahun-tahun raksasa furnitur ini terus meningkatkan versi terbaru bola bola daging mereka sekaligus mengklaim bahwa hidangan ini 100 persen dari Swedia. Padahal nyatanya tidak seperti itu.

Kekecewaanpun diungkap oleh para penggemar meatballs IKEA. Sebagian orang merasa telah dibohongi, sebagian lainnya menerima bahwa hidangan yang hadir di seluruh dunia hasil dari perpaduan masakan yang berbeda-beda.

Swedish MeatballsSwedish meatballs IKEA memang memiliki tampilan dan rasa yang gurih sedap. Tak heran jika banyak kalangan khususnya pelanggan IKEA yang selalu mendambakan makanan ini. Foto: iStock

Meskipun begitu, nyatanya 'Swedish meatballs' khas IKEA ini tetap saja populer. Bahkan pada masa pandemi, perusahaan ini merilis resep 'Swedish meatballs' mereka agar para penggemar bisa membuatnya sendiri di rumah.

Swedish meatballs IKEA memang memiliki tampilan dan rasa yang gurih sedap. Tak heran jika banyak kalangan khususnya pelanggan IKEA yang selalu mendambakan makanan ini.



Simak Video "Bikin Laper: Menyantap Bakso Kuburan dengan Sambal Melimpah"
[Gambas:Video 20detik]
(aqr/odi)