Bapak-bapak, Ini 7 Makanan Alami untuk Atasi Sperma Encer

Tim detikfood - detikFood
Kamis, 19 Mei 2022 05:00 WIB
Fakta dari Mitos Makanan untulk Kualitas Sperma
Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Sperma encer jadi masalah untuk banyak pria. Guna mengatasinya, coba cara alami seperti mengonsumsi 7 makanan berikut. Rasanya enak dan mengandung banyak nutrisi untuk tubuh!

Sperma encer kerap dikaitkan dengan tanda seorang pria tidak subur. Kondisi ini ditandai dari air mani (sperma) yang konsistensinya lebih berair dan tidak kental, padahal seharusnya sperma menyerupai gel.

Kondisi sperma encer disebabkan berbagai faktor. Dalam kaitannya dengan pola makan, seorang pria mungkin kekurangan asupan mineral zinc yang punya peran penting dalam menciptakan sperma berkualitas sehingga pria lebih subur.

Para pria yang alami kondisi sperma encer tak perlu khawatir. Selain lewat pengobatan untuk kasus yang parah, sperma encer bisa diatasi dengan konsumsi makanan dengan nutrisi tertentu. Hal ini bisa menjadi solusi awal jika para pria merasakannya.

Situs Metromale Clinic & Fertility Center (18/5) merangkum 7 makanan alami untuk atasi masalah sperma encer seperti berikut:

1. Buah tinggi fruktosa

Fruktosa atau gula buah adalah monosakarida yang banyak ditemukan dalam aneka buah dan sayur segar. Mengonsumsi sumber fruktosa bisa jadi solusi menyenangkan untuk mengatasi kondisi sperma encer.

Fruktosa diketahui sebagai bahan penyusun utama sperma. Jika asupan fruktosa kurang, maka produksi sperma ikut berkurang sehingga menghasilkan sperma encer. Coba rajin makan buah seperti apel, anggur, buah berry, semangka, jambu biji, mangga, hingga nanas.

2. Susu dan kurma

Kurma yang identik sebagai makanan ramadan ini ternyata punya manfaat spesial untuk pria, terkait masalah sperma encer. Coba makan 10 kurma kering yang sudah direndam dalam susu selama 4 jam setiap harinya.

Kurma mengandung serat larut, karbohidrat, dan banyak vitamin yang bisa meningkatkan stamina seksual. Tak hanya itu, paduan susu dan kurma juga bisa mengentalkan konsistensi sperma.

3. Makanan kaya zinc

cairan merah pada daging steakDaging merah, makanan kaya zinc yang bisa bantu atasi masalah sperma encer. Foto: iStock

Seperti sudah diberitahukan sebelumnya, zinc erat kaitannya dengan sperma berkualitas. Kekurangan zinc bisa membuat produksi hormon testosteron berkurang yang pada akhirnya juga menurunkan gairah seksual.

Bapak-bapak disarankan mengonsumsi makanan kaya zinc secara rutin atau mengonsumsi suplemen zinc. Untuk makanan kaya zinc bisa didapat dari konsumsi daging merah, kacang-kacangan, telur, gandum utuh, susu, hingga kerang.

4. Sumber selenium

Kekurangan selenium juga bisa membuat sperma jauh lebih encer. Dampak negatif lainnya, pria alami kerontokan parah. Karenanya penting untuk mencukupi kebutuhan selenium harian.

Makanan tinggi selenium antara lain kacang, ikan tuna, daging sapi, daging ayam, biji-bijian, susu, raspberry, sampai jamur. Konsumsi rutin dan kombinasikan dengan berbagai bahan sehat lain agar dapat manfaat ekstra.

Informasi makanan alami untuk atasi sperma encer masih ada di halaman selanjutnya.