ADVERTISEMENT

5 Makanan Terbaik untuk Lancarkan Peredaran Darah Agar Tubuh Sehat

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Kamis, 12 Mei 2022 08:00 WIB
makanan untuk tekanan darah tinggi
Foto: GettyImages
Jakarta -

Darah punya peran penting sebagai pembawa oksigen dan nutrisi untuk tubuh. Ada makanan terbaik yang bisa kamu konsumsi untuk melancarkan peredaran darah agar tubuh tetap sehat.

Peredaran darah yang bagus dan sehat penting untuk dimiliki setiap orang. Pasalnya darah punya sejumlah fungsi penting. Utamanya membawa oksigen dan beragam nutrisi untuk jaringan-jaringan tubuh.

Tak hanya itu, darah membawa karbon dioksida dan 'limbah' pada jaringan tubuh untuk dikeluarkan. Dengan begini, organ-organ tubuh bisa berfungsi optimal dan berbagai penyakit serius bisa dihindari.

Penyakit yang erat kaitannya dengan peredaran darah yang tidak lancar adalah stroke dan penyakit jantung. Jika tidak ditangani serius, penyakit ini bisa berakibat fatal.

Ada berbagai cara untuk mendapatkan peredaran darah yang lancar. Misalnya melakukan peregangan secara berkala, mengelola stress, olahraga, dan mengonsumsi makanan dan minuman yang bagus untuk kesehatan darah.

Eat This, Not That (8/5) merangkum pendapat ahli gizi soal makanan yang bagus untuk melancarkan peredaran darah. Jenisnya beragam, dari sayuran, kacang-kacangan, hingga produk dairy.

Berikut 5 makanan terbaik untuk lancarkan peredaran darah:

1. Buah bit

Dikenal dengan warna merah keunguannya yang pekat, buah bit punya sejuta manfaat. Ahli gizi Sydney Greene menjelaskan buah bit memiliki sifat peningkat energi yang berasal dari kandungan nitrat alami di dalamnya. Nitrat merupakan senyawa alami yang ditemukan di tanah, udara, dan air.

Nitrat pada buah bit inilah yang bermanfaat menyehatkan sirkulasi darah ketika diubah menjadi oksida nitrat dalam tubuh, yang membantu pembuluh darah melebar.

Buah bit biasanya dijadikan jus. Walau aromanya sedikit langu, namun minuman ini begitu menyehatkan. Teknik lain untuk mengolah buah bit yang bisa dicoba adalah direbus, dikukus, atau dipanggang.

2. Sayuran dengan herba dan rempah

sayur panggangFoto: iStock

Ahli gizi Amy Goodson yang juga penulis The Sports Nutrition Playboook menyarankan agar kamu jalani diet DASH untuk melancarkan peredaran darah. Diet DASH merupakan kepanjangan Dietary Approaches to Stop Hypertension Diet yang dirancang pakar untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan meningkatkan sirkulasi.

"Diet DASH menyarankan pelakunya makan 4-5 porsi sayuran setiap hari," kata Goodson. Menurutnya, sayur-sayuran tinggi nutrisi dan tidak mengandung sodium sama sekali, bahan yang bisa memicu peredaran darah tak lancar.

Sayuran ini bisa diolah menjadi beragam menu enak. Selain direbus, kamu bisa memanggangnya agar lebih menarik selera. Ganti penggunaan garam dengan aneka herba dan rempah yang selain memberi rasa alami, juga memiliki segudang nutrisi lain.

Lihat lagi makanan untuk lancarkan peredaran darah di halaman selanjutnya.

3. Kacang walnut

Makanan untuk lancarkan peredaran darah selanjutnya adalah kacang walnut. Greene mengatakan jenis kacang ini tinggi asam lemak omega 3. Hasil penelitian membuktikan konsumsinya bantu menurunkan tekanan darah tinggi yang pada akhirnya bisa membuat sirkulasi darah lebih sehat.

Greene juga mencatat kalau kacang walnut merupakan sumber vitamin E yang sangat bagus. Fungsinya sebagai antioksidan dan membantu fungsi endotel untuk mengatasi pelebaran pembuluh darah yang tidak tebal.

Konsumsi kacang walnut juga bisa membuat relaksasi dan kontraksi pembuluh darah lebih baik. Sekaligus menjaga fungsi kekebalan tubuh.

4. Buah kaya potassium

Manfaat pisangFoto: iStock

Goodson menekankan kalau salah satu menu diet DASH adalah buah kaya potassium. Karenanya kamu disarankan mengonsumsi kurma Medjool, pisang, buah berry, dan alpukat.

Aturan konsumsinya adalah 4-5 porsi buah setiap hari. Kamu bisa mengikuti aturan jumlah 1 buah ukuran sedang, 1/2 cangkir buah yang sudah dipotong-potong, 1 cangkir buah berry, dan 1/4 cangkir buah kering.

5. Produk susu rendah lemak
Satu lagi makanan untuk lancarkan peredaran darah. Goodson mencatat diet DASH juga merekomendasikan asupan kalsium yang bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan meningkatkan sirkulasi darah.

"Konsumsi 3 porsi produk susu rendah lemak per hari bisa membantu memenuhi kebutuhan kalsium harian," kata Goodson. Kamu bisa memilih 1 cangkir susu rendah lemak atau yogurt, serta 1,5 ounces keju rendah lemak. Selain menyehatkan, sumber kalsium ini juga memuaskan selera.

(adr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT