5 Makanan Terbaik untuk Lancarkan Peredaran Darah Agar Tubuh Sehat

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Kamis, 12 Mei 2022 08:00 WIB
makanan untuk tekanan darah tinggi
Foto: GettyImages

3. Kacang walnut

Makanan untuk lancarkan peredaran darah selanjutnya adalah kacang walnut. Greene mengatakan jenis kacang ini tinggi asam lemak omega 3. Hasil penelitian membuktikan konsumsinya bantu menurunkan tekanan darah tinggi yang pada akhirnya bisa membuat sirkulasi darah lebih sehat.

Greene juga mencatat kalau kacang walnut merupakan sumber vitamin E yang sangat bagus. Fungsinya sebagai antioksidan dan membantu fungsi endotel untuk mengatasi pelebaran pembuluh darah yang tidak tebal.

Konsumsi kacang walnut juga bisa membuat relaksasi dan kontraksi pembuluh darah lebih baik. Sekaligus menjaga fungsi kekebalan tubuh.

4. Buah kaya potassium

Manfaat pisangFoto: iStock

Goodson menekankan kalau salah satu menu diet DASH adalah buah kaya potassium. Karenanya kamu disarankan mengonsumsi kurma Medjool, pisang, buah berry, dan alpukat.

Aturan konsumsinya adalah 4-5 porsi buah setiap hari. Kamu bisa mengikuti aturan jumlah 1 buah ukuran sedang, 1/2 cangkir buah yang sudah dipotong-potong, 1 cangkir buah berry, dan 1/4 cangkir buah kering.

5. Produk susu rendah lemak
Satu lagi makanan untuk lancarkan peredaran darah. Goodson mencatat diet DASH juga merekomendasikan asupan kalsium yang bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan meningkatkan sirkulasi darah.

"Konsumsi 3 porsi produk susu rendah lemak per hari bisa membantu memenuhi kebutuhan kalsium harian," kata Goodson. Kamu bisa memilih 1 cangkir susu rendah lemak atau yogurt, serta 1,5 ounces keju rendah lemak. Selain menyehatkan, sumber kalsium ini juga memuaskan selera.


(adr/odi)