Diet 5:2, Pola Diet Benedict Cumberbatch untuk Perankan 'Doctor Strange'

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 07 Mei 2022 17:00 WIB
Fakta Film Doctor Strange 2 Foto: Instagram: @marvel
Jakarta -

Film Doctor Strange in The Multiverse of Madness kini tengah jadi perbincangan. Bintang utamanya, Benedict Cumberbatch menyiapkan peran ini dengan sungguh-sungguh, termasuk dengan jalani diet dan latihan fisik.

Tayang sejak Kamis, 5 Mei 2022, para pencinta superhero besutan Marvel Studios berlomba-lomba melihat aksi Benedict Cumberbatch dalam film Doctor Strange in The Multiverse of Madness. Film ini merupakan kelanjutan dari Doctor Strange Benedict Cumberbatch dan Spiderman-Man: No Way Home.

Sosok Benedict Cumberbatch menjadi sorotan karena di usianya yang tak lagi muda, ia tetap fit. Pria 45 tahun ini ternyata melakukan sejumlah persiapan demi bisa tampil memukau sebagai Doctor Strange.

Mengutip News Bytes (18/1/2022), Benedict Cumberbatch menjalani latihan fisik intensitas tinggi untuk bantu membangun ketahanan tubuhnya yang harus melakukan beberapa pengulangan dalam adegan pertarungan. Aktor Inggris ini bahkan jalani pelatihan yang ketat di gym.

Urusan makanan, Benedict Cumberbatch jalani tips diet yang simpel. Fokus utamanya adalah mengonsumsi ragam buah dan sayur saat menyiapkan peran Doctor Strange.

Benedict CumberbatchBenedict Cumberbatch memperbanyak asupan buah dan sayur demi tampil sempurna untuk perankan Doctor Strange. Foto: Istimewa

Biasanya Benedict Cumberbatch makan pisang, kacang-kacangan, ragam sayuran, dan hummus. Lalu selama promosi film Avengers: Infinity War, dirinya juga mengaku sudah menjadi vegan.

Tips diet lainnya adalah Benedict Cumberbatch jalani diet intermittent fasting dengan pola 5:2. Artinya ia akan makan selama 5 hari, lalu puasa selama 2 hari.

Kepada Cyber Layman (9/1/2022), ahli gizi Esteban Picón menjelaskan pola 5:2 ini berbeda dengan pola intermittent fasting lainnya karena jendela makannya bukan hanya jam, tapi harian.

"Bergantung pada seberapa lama kita tidak makan apapun, kita bisa menyebut 12 jam, 16 jam, atau 24 jam. Pada pola diet 5:2, puasa 24 jam dilakukan 2 kali seminggu," kata Picón. Dalam 2 kali puasa itu, seseorang harus mengonsumsi kalori yang sangat sedikit (sekitar 500 kcal/hari) atau bahkan benar-benar tidak makan apapun.

Pelaku diet 5:2 biasanya hanya minum air atau kopi saat jalani 2 hari puasa dalam seminggu. Cara ini dinilai pakar kesehatan bisa memberikan hasil penurunan berat badan yang cepat dalam jangka pendek, namun tentu ada efeknya untuk jangka panjang.

Diet Intermittent Fasting, Ini Panduan dan Menunya untuk Turunkan Berat BadanDiet Intermittent Fasting pola 5:2 dijalani oleh pemeran Doctor Strange, Benedict Cumberbatch. Foto: Getty Images/iStockphoto/everydayplus

Bukan tidak mungkin ada efek 'memantul' alias berat badan seseorang kembali ke awal setelah tidak menjalani diet ini lagi. Bahkan ada yang berat badannya justru bertambah.

Kalaupun menjalani pola diet intermittent fasting 5:2, seseorang harus mengimbanginya dengan aktivitas pembakaran lemak seperti latihan fisik yang cukup. Ada baiknya juga selalu dibimbing oleh ahli gizi karena tidak semua orang cocok menjalani diet 5:2.

Picón mengatakan, "Masalah mengikuti diet ini tanpa bimbingan profesional adalah Anda tidak memiliki kendali atas jumlah kalori atau nutrisi yang dikonsumsi sepanjang minggu. Akibatnya, kekurangan nutrisi bisa dialami hingga melemahkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan risiko sakit."

Ia juga mengatakan, penting untuk menggabungkan diet 5:2 dengan pola hidup sehat secara menyeluruh. Seperti tidak minum minuman manis dan makan banyak buah dan sayuran.

Benedict Cumberbatch diketahui juga mencintai yoga dan meditasi. Ia percaya bahwa tubuh yang sehat didapat dengan cara yang sehat dan tidak instan. Ia mendapat bimbingan dari beberapa profesional demi mendapatkan kondisi tubuh yang fit dan bugar.



Simak Video "Bikin Laper: All You Can Eat Murah di Warung Bang Panjul"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com