Hindari Junk Food, Ini 3 Makanan Sehat Buat Camilan

Yenny Mustika Sari - detikFood Kamis, 28 Apr 2022 13:01 WIB
Konsumsi Buah Segar, Sebaiknya Sebelum atau Sesudah Makan? Foto: Getty Images/iStockphoto/Farknot_Architect
Jakarta -

Junk food seperti burger dan pizza jadi camilan favorit. Sebaiknya mulai dihindari kalau ingin tubuh tetap bugar dan pilih camilan sehat sebagai alternatif.

Junk food merupakan istilah untuk menggambarkan makanan siap saji yang tak sehat karena mengandung lemak trans dan kalorinya tinggi. Namun junk food sangat dekat dengan kehidupan banyak orang, bahkan jadi camilan favorit.

Kalau mengonsumsi junk food secara rutin, tentu saja akan menyebabkan masalah kesehatan pada tubuh. Seperti meningkatkan risiko penyakit kronis hingga obesitas.

Dilansir dari Food NDTV (26/4), agar tubuh tetap bugar, sebaiknya mulai menghindari konsumsi junk food. Alternatifnya berupa camilan sehat yang dapat memberikan manfaat pada tubuh.

Baca Juga: Merasa Digetok Harga! Pemilik Gerai Camilan Bayar Rp 520 Juta untuk Bazar Sepi

Berikut 3 camilan sehat alternatif konsumsi junk food.

1. Kacang Almond

kacang almondkacang almond Foto: iStock

Almond merupakan salah satu jenis kacang yang banyak dikonsumsi sebagai pilihan makanan sehat. Karena almond mengandung lemak sehat yang justru memiliki banyak manfaat untuk tubuh.

Kacang almond juga mengandung nutrisi seperti serat, vitamin E, dan mineral berupa magnesium dan potasium. Kacang ini juga baik dikonsumsi penderita diabetes karena indeks glikemiknya rendah.

Almond bisa menjadi pilihan camilan sehat bagi pelaku diet. Pada sebuah penelitian dijelaskan bahwa mengonsumsi almond saat diet akan menimbulkan rasa tak ingin mengonsumsi makanan berlemak tinggi. Sehingga berat badan dapat dikendalikan.

2. Buah Segar

Alternatif camilan sehat yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi adalah buah-buahan. Buah segar seperti stroberi, blueberry, pisang, kiwi, dan lainnya, sangat bagus dikonsumsi sebagai pengganti junk food.

Tentu saja bisa menjadi alternatif yang baik, karena buah-buahan dikemas dengan nutrisi penting, serat, dan antioksidan. Buah segar bisa menjadi camilan sehat bagi pelaku diet.

Buah berry diketahui mengandung serat yang tinggi dan rendah gula. Ada juga pisang yang mengandun vitmain B6, C, serat makanan dan potasium. Apel juga mengandung serat tinggi dan vitamin C.

Baca Juga: Resep Nastar Lumer dan Lembut Anti Retak untuk Suguhan Idul Fitri

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Masak Masak: Camilan Sehat dari Jeruk"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com