Mulut Asam Saat Berpuasa? Ikuti 5 Tips Ini saat Makan Sahur

Riska Fitria - detikFood Senin, 11 Apr 2022 07:00 WIB
Tips mengatasi mulut asam saat puasa Foto: iStock
Jakarta -

Pernahkah kamu ketika berpuasa tetapi mulut terasa asam? Rasa asam itu bisa jadi mengganggu, karenanya hindari rasa asam dengan tips ini.

Selama berpuasa pasti produksi air liur berkurang. Kondisi tersebutlah yang menyebabkan mulut terasa asam. Namun, rasa asam itu bisa dihindari dengan memilih makanan dan minuman yang tepat.

Pilihlah makanan dan minuman yang dapat menyehatkan mulut. Selain itu, bersihkan area mulut setelah makan agar tidak ada sisa makanan, karena sisa makanan juga bisa jadi penyebab.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut 5 cara mengatasi mulut asam ketika berpuasa:

1. Mengonsumsi Sayur dan Buah

Tips mengatasi mulut asam saat puasaTips mengatasi mulut asam saat puasa dengan mengonsumsi sayuran dan buah Foto: iStock

Sayur dan buah mengandung serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Serat dapat berperan membuat perut kenyang lebih lama. Selain itu juga bisa menyehatkan area mulut.

Biasanya, mulut yang asam terjadi karena gangguan pencernaan. Dengan mengonsumsi sayur dan buah yang kaya serat maka masalah pencernaan akan teratasi.

Baca Juga: Masakan Buatan Rumah yang Nikmat untuk Sahur dan Berbuka Puasa

2. Banyak Minum Air Putih

Tips mengatasi mulut asam saat puasaTips mengatasi mulut asam saat puasa dengan banyak minum air putih Foto: iStock

Ketika sahur pastikan untuk cukup banyak minum air putih. Air putih akan menjaga tubuh tetap terhidrasi selama puasa seharian. Sebab banyak minum air putih dapat memenuhi cairan tubuh.

Selain itu, juga bisa mengatasi rasa asam di mulut. Air putih dapat berperan untuk metabolisme tubuh. Ketika sahur, disarankan untuk minum dua gelas atau bisa lebih.

3. Menghindari Makanan Manis

Tips mengatasi mulut asam saat puasaTips mengatasi mulut asam saat puasa dengan menghindari makanan manis Foto: iStock

Biasanya banyak orang yang tak bisa melewatkan sahur dan buka puasa dengan menu yang serba manis. Mulai dari minuman, takjil, camilan hingga makanan penutup.

Namun tahukah kamu, di balik rasa manis itu meninggalkan efek buruk. Salah satunya dapat menciptakan rasa asam yang tertinggal di mulut ketika berpuasa dan itu sangat mengganggu. Coba kurangi konsumsi makanan manis.

Baca Juga: 10 Resep Sayuran Khas Jawa yang Sedap Bumbunya untuk Lauk Buka Puasa

4. Mengunyah Permen Karet Rendah Gula

Tips mengatasi mulut asam saat puasaTips mengatasi mulut asam saat puasa dengan makan permen karet rendah gula Foto: iStock

Mengunyah permen karena bisa jadi solusi untuk mengatasi rasa asam di mulut. Namun, pastikan untuk memilih permen karet yang rendah gula agar tidak menambah kalori pada tubuh.

Permen karet rendah gula bisa merangsang produksi air liur. Ketika air liur diproduksi dalam jumlah yang cukup, maka mulut akan terhindar dari rasa asam.

5. Membersihkan Gigi

Tips mengatasi mulut asam saat puasaTips mengatasi mulut asam saat puasa dengan membersihkan gigi Foto: iStock

Membersihkan gigi saat berpuasa hukumnya makruh. Karenanya disarankan untuk membersihkan gigi ketika selesai sahur agar sisa makanan tidak tersisa di sela-sela gigi.

Dengan membersihkan sisa makanan di gigi bisa mengatasi rasa asam di dalam mulut. Sebab sisa makanan bisa jadi penyebab mulut terasa asam ketika berpuasa.

Baca Juga: 6 Tips Menu Diet Saat Puasa dari Dokter, Bagus Buat Panduan!



Simak Video "Kastangel hingga Putri Salju Paling Banyak Diburu Jelang Lebaran"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com