ADVERTISEMENT

Minuman Dingin dan Panas Sebabkan Gigi Sensitif? Ini Sebabnya

Yenny Mustika Sari - detikFood
Minggu, 10 Apr 2022 06:00 WIB
Gigi Sensitif Bisa Disebabkan Karena Mimuman Dingin dan Panas
Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Gigi perlu dijaga kesehatannya agar tak menyebabkan masalah hingga kerusakan jangka panjang. Salah satu caranya dengan menghindari minuman dingin dan panas.

Cara menjaga kesehatan gigi dengan menggosok gigi secara rutin, minimal 2 kali dalam sehari. Selain itu, menghindari konsumsi beberapa jenis makanan atau minuman juga bisa dilakukan.

Tampilan gigi yang baik tidak selalu mengacu pada gigi berkilau dan rapi, tetapi mencakup gigi yang sehat. Namun ada beberapa orang yang memiliki gigi sensitif di mana merek akan merasakan ngilu atau sakit setip kali mengonsumsi makanan dan minuman tertentu.

Gigi Sensitif Bisa Disebabkan Karena Mimuman Dingin dan PanasGigi Sensitif Bisa Disebabkan Karena Mimuman Dingin dan Panas Foto: Getty Images/iStockphoto

Baca Juga: Resep Bubur Sumsum Pandan dan Nangka yang Creamy Wangi untuk Takjil Spesial

Sensitivitas gigi terjadi ketika enamel terkikis dan saraf terbuka. Beberapa faktor yang memengaruhi hal ini adalah gigi yang tak rata, kebersihan mulut yang buruk, dan permukaan akar terbuka.

Dilansir dari Food NDTV (6/4), minuman dingin dan panas disebutkan dapat menyebabkan gigi lebih sensitif. Para pakar menyebutkan kalau minuman tersebut dapat mengiritasi bagian gigi yang sensitif.

Gigi Sensitif Bisa Disebabkan Karena Mimuman Dingin dan PanasGigi Sensitif Bisa Disebabkan Karena Mimuman Dingin dan Panas Foto: Getty Images/iStockphoto

Untuk pemilik gigi sensitif, sebaiknya mulai menjauhi minumn dingin. Di antaranya minuman soda, jus, dan es krim. Tak hanya menyebabkan gigi sensitif, tapi bisa menimbulkan masalah kesehatan gigi lain. Seperti gigi berlubang dan masalah pada gusi.

Baca Juga: Ada Garang Asem Ayam Kampung hingga Pecel Kembang Turi di Restoran Jawa Ini

Minuman panas juga bisa menjadi salah satu faktor timbulnya gigi sensitif. Bisa mengalami rasa sakit yang hebat dengan minuman terlalu panas atau makanan yang dipanaskan dnegan suhu tinggi.

Tak hanya minuman saja yang dapat menyebabkan gigi sensitif, tapi juga dari makanan. Contohnya adalah permen dan cokelat yang memiliki kandungan gula tinggi. Kandungan ini dapat mengisi celah pada gigi yang menyebabkan resesi pada gusi.

Makanan asam juga dapat menyebabkan gigi sensitif. Makanan ini dapat merusak email gigi dan melemahkan garis gusi.

Baca Juga: Dibiarkan Selama 4 Tahun, Bumbu Mie Ini Berubah Jadi Kristal



Simak Video "Bikin Laper: Makan Gultik di Depan Gereja Bulungan "
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT