Simak! Ini Risiko Bahaya Konsumsi Mie Instan Berlebih

Nada Zeitalini - detikFood Sabtu, 09 Apr 2022 11:37 WIB
Shutterstock Foto: Shutterstock
Jakarta -

Mie yang memiliki bentuk panjang seringkali dikaitkan dengan lambang harapan umur panjang. Selain itu, mie instan memang merupakan makanan yang cukup digemari karena rasanya yang lezat namun praktis. Akan tetapi mengkonsumsi mie instan berlebihan ternyata perlu diwaspadai, sebab bisa berisiko bagi kesehatan.

Dibalik rasanya yang enak, mie instan umumnya mengandung kalori, lemak, dan garam yang tinggi. Berdasarkan data dari Singapore Nutrient Database menunjukkan bahwa mie instan rasa ayam dapat mengandung 382 kalori, 15 gram lemak, dan 4,7 gram garam per sajinya.

Hal ini jelas perlu diwaspadai karena berdasarkan rekomendasi Kementerian Kesehatan RI, batas asupan lemak harian maksimal hanya 67 gram per hari dan batas asupan garam maksimal hanya 5 gram per hari. Asupan kalori dan lemak yang berlebih sangat rentan menimbulkan masalah kesehatan salah satunya obesitas. Sedangkan asupan garam berlebih dapat menyebabkan risiko hipertensi.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan pada Journal of Nutrition and Health menunjukkan kelompok responden dengan tingkat konsumsi mie instan yang lebih tinggi ternyata memiliki asupan kalori, lemak, dan garam yang cenderung juga lebih tinggi. Mereka juga diketahui memiliki lingkar pinggang dan kadar kolesterol darah yang lebih tinggi.

Data lain menunjukkan mengkonsumsi mie instan lebih dari 3 kali per minggu memiliki risiko mengalami kondisi hipertrigliseridemia (kadar trigliserida darah tinggi melebihi batas normal, dan merupakan salah satu faktor risiko penyakit kardiovaskular) hingga 2,6 kali lebih tinggi dibandingkan dengan yang mengkonsumsi mie instan kurang dari 1 kali per bulan.

Mie yang Lebih Sehat

Untungnya, saat ini ada pilihan mie yang lebih sehat salah satunya mie shirataki. Mie ini punya tekstur panjang tipis transparan yang terbuat dari glucomannan sehingga mampu mengikat air dengan baik. Hal itu membuat kandungan air dalam mie shirataki sangat tinggi dan rendah kalori.

Mie shirataki juga tinggi serat dan mampu mencegah kenaikan kadar gula darah secara drastis, memberikan rasa kenyang lebih lama, serta menjaga kesehatan pencernaan.

Mie jenis ini cocok dijadikan pilihan lebih sehat untuk kamu yang gemar mengkonsumsi mie. Jika penasaran dengan mie sehat ini, kamu bisa mencoba Tropicana Slim Shirataki Noodles yang rendah lemak, lebih rendah garam, dan tinggi serat.

Tropicana Slim Shirataki Noodles mengandung hanya 100 kalori per saji sehingga cocok untuk diet dan tetap nikmat sehingga membantu mewujudkan pola hidup sehat tanpa mengorbankan kenikmatan rasa. Yuk, pilih Tropicana Slim Shirataki Noodles sebagai pilihan mie yang lebih sehat!

(fhs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com