Wanita Ini Makan Mie Instan 5 Hari Berturut-turut, Ini yang Terjadi pada Tubuhnya

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 09 Nov 2021 17:30 WIB
Wanita Ini Makan Mie Instan 5 Hari Berturut-turut, Ini yang Terjadi pada Tubuhnya Foto: Getty Images/iStockphoto/SunnyVMD
Jakarta -

Meski enak, mie instan disarankan sebagai makanan rekreasional alias tidak dikonsumsi sehari-hari. Wanita ini tertarik mengetahui seperti apa efeknya jika ia makan mie instan lima hari selama seminggu?

Mie instan digandrungi karena membuatnya praktis dan rasanya gurih nikmat. Harganya juga murah sehingga mie instan kerap diandalkan sebagai makanan 'penyelamat' di tanggal tua.

Meski begitu, para ahli gizi dan pakar kesehatan menyarankan konsumsi mie instan sebagai makanan rekreasional. Artinya mie instan hanya dikonsumsi sekali-kali, ketika seseorang ingin 'bersenang-senang' dengan makan enak.

Hal ini terkait sifat mie instan sebagai makanan ultra proses. Sejumlah bahan tambahan pangan atau 'food aditive' ditambahkan pada mie instan seperti gula, garam, lemak, perisa, penguat rasa, dan banyak lainnya. Makanan ini kemudian diproses secara industrial untuk menghasilkan makanan yang praktis dan enak.

Ahli gizi mengingatkan bahaya konsumsi makanan ultra proses terlalu sering. Makanan ini bisa memicu obesitas, gangguan gizi pada anak tumbuh kembang, dan penyakit kronis lainnya.

Baca Juga: Bahaya Mie Instan, Makanan Susah Dicerna yang Picu Obesitas dan Hipertensi

Terlepas dari itu, Hana Hong sebagai penulis di situs kesehatan The Healthy (1/4/21) penasaran seperti apa kondisi kesehatannya jika ia makan mie instan lima hari berturut-turut? Ia membagikan hasil eksperimennya seperti berikut:

1. Hari pertama: semangat makan mie

Hari pertama, Hana memilih makan ramen kemasan cup, Jin Ramen yang populer dari Korea Selatan. Ia tak kesulitan menghabiskan semuanya, namun merasakan sedikit lapar setelahnya. Hana bahkan merasa bisa jika harus makan mie instan lagi.

Kemudian saat makan malam, ia masak Shin ramyun yang merupakan mie instan klasik favorit orang Korea Selatan. Ia menambahkan ekstra sayuran supaya lebih sehat. "Saya bisa menghabiskannya cukup cepat, dan terlepas dari munculnya sedikit ngidam makan burger, tubuh saya terasa sangat normal di penghujung hari," katanya. Ia juga mengatakan asupan kalori dan berat badannya masih terkontrol.

2. Hari kedua: bangun dengan rasa lelah

Wanita Ini Makan Mie Instan 5 Hari Berturut-turut, Ini yang Terjadi pada TubuhnyaWanita Ini Makan Mie Instan 5 Hari Berturut-turut, Ini yang Terjadi pada Tubuhnya Foto: Getty Images/iStockphoto/SunnyVMD

Keesokan harinya, Hana bangun dengan perasaan sedikit lelah. Ia melanjutkan sarapan mie dengan sebungkus ramen Sapporo Ichiban. Makan siangnya pun juga dengan satu cangkir mie instan.

"Tubuh saya kembali produktif, sigap, dan saya menjalani hari tanpa banyak memikirkan eksperimen kuliner saya," kata Hana. Untuk makan malamnya, ia menyantap sebungkus mie goreng kimchi khas Korea Selatan. "Saat hendak tidur, saya merasa sedikit lesu, dan rasanya ingin hanya di kasur saja seharian," tuturnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Getok Harga Kopi-Mie Instan, Pedagang Puncak Bogor Sebut Masalahnya Ada di Tamu"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com