Mudah Ditiru! 5 Tips Makan Untuk Kuatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Devi Setya - detikFood Kamis, 07 Apr 2022 05:00 WIB
Fruit salad in bowl on blue background. Exotic tropical fruit salad. Dragon fruit, passion fruit, mango, coconut, strawberry and pineapple salad in a bowl Foto: Getty Images/iStockphoto/Arx0nt
Jakarta -

Pola makan menentukan kondisi kesehatan tubuh. Untuk membuat sistem kekebalan tubuh meningkat, kamu bisa pilih makanan sehat dan atur porsinya.

Sistem kekebalan tubuh atau imunitas didefinisikan sebagai kondisi kemampuan tubuh untuk melawan penyakit atau infeksi tertentu. Dengan antibodi yang kuat, tubuh tidak akan mudah terinfeksi bakteri atau virus yang mengganggu kesehatan.

Ketika sistem kekebalan tubuh melemah maka tubuh akan rentan terkena penyakit. Lain halnya jika kondisi kekebalan tubuh sedang prima, berbagai penyakit pun mudah ditangkal.

Memperkuat sistem kekebalan tubuh bisa melalui pilihan jenis makanan yang diasup secara teratur. Dilansir dari Eat This (6/4) ada beberapa tips makan sehat yang memberi pengaruh positif pada sistem kekebalan tubuh.

Berikut beberapa tips makan sehat yang bisa menguatkan imun:

1. Konsumsi buah warna-warni

Buah segar mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Sebut saja misalnya vitamin, mineral, serat dan nutrisi lainnya terkandung dalam buah. Untuk mendapatkan manfaat ekstra dari konsumsi buah, cobalah makan aneka buah berwarna.

Coba konsumsi buah berwarna merah seperti cranberry atau delima, hijau seperti kiwi atau melon, ungu seperti plum atau buah ara, atau kuning seperti nanas atau aprikot. Buah-buahan yang berbeda warna ini mengandung berbagai vitamin, mineral, dan fitokimia untuk membantu melawan penyakit.

Buah paling bagus dikonsumsi dalam keadaan segar, namun tak ada salahnya jika kamu juga mengonsumsi buah kering atau buah kalengan. Selain dimakan langsung, buah ini juga bisa diolah menjadi smoothies atau jus segar.

Rutin Makan Buah dan Sayuran Kukus, Wania Ini Turun BB 17 KgIlustrasi makanan sehat terbuat dari sayuran Foto: iStock

2. Konsumsi sayuran berwarna

Bukan hanya sayuran berwarna hijau saja yang sehat. Tetapi sayuran berwarna oranye, merah atau warna gelap lainnya juga disarankan untuk dikonsumsi.

Sayuran aneka warna ini mengandung banyak serat dan senyawa antioksidan seperti klorofil, likopen, beta-karoten, lutein, dan anthocyanidins yang berkhasiat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Antioksidan dalam sayuran ini juga menjaga kesehatan pembuluh darah, membuat mata sehat hingga membantu mencegah kanker.

Kamu bisa memilih aneka sayuran seperti wortel, pokchoy, selada, terong hingga paprika merah. Campurkan sayuran ini sebagai santapan saat makan siang ataupun malam.

3. Konsumsi prebiotik dan probiotik secara teratur

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients menunjukkan bahwa prebiotik mendorong pertumbuhan bakteri yang bermanfaat untuk kesehatan. Seperti misalnya bakteri baik Bifidobacterium bisa mengurangi potensi patogen seperti Clostridium dalam sistem pencernaan.

Makanan sumber prebiotik antara lain bawang putih, bawang merah, daun bawang dan asparagus. Prebiotik juga ditemukan di banyak buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian lainnya.

Sama halnya dengan prebiotik, makanan probiotik juga tak kalah penting. Makanan probiotik dikenal juga dengan olahan makanan fermentasi yang mengandung mikroorganisme hidup. Makanan ini mampu menjaga kesehatan sistem pencernaan sehingga menguatkan imun.

Makanan probiotik yang paling mudah dijumpai antara lain yogurt dan makanan fermentasi seperti kombucha, kefir, acar, kimchi, atau tempe.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Gerai Vegetarian di Senopati Ini Tawarkan Citarasa Resto Siap Saji"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com