5 Cara Mudah dan Praktis, Berat Badan Tetap Turun Saat Berpuasa

Sonia Basoni - detikFood
Rabu, 06 Apr 2022 07:00 WIB
close up gesture of hand pick some food in dining table during dinner
Foto: Getty Images/iStockphoto/ferlistockphoto

4. Batasi Konsumsi Makanan Manis dan Asin

close up gesture of hand pick some food in dining table during dinnerclose up gesture of hand pick some food in dining table during dinner Foto: Getty Images/iStockphoto/ferlistockphoto

Banyak studi kesehatan yang mejelaskan kaitan antara membatasi makanan dengan garam dan gula tinggi, bisa membantu penurunan berat badan yang signifikan. Jadi hindari makanan yang terlalu asin, seperti makanan kaleng, makanan kemasan hingga makanan pedas saat buka puasa karena akan membuat tubuh lebih haus.

Begitu juga dengan makanan manis, yang identik sebagai takjil atau menu berbuka puasa selama bulan Ramadan. Makanan seperti bubur sumsum, kolak, kue-kue basah meski terlihat menggiurkan namun jika dimakan berlebihan, tentunya akan membuat berat badan naik drastis meski sudah seharian penuh berpuasa.

Coba beralih ke makanan yang lebih sehat. Seperti makanan yang mengandung gula alami, mulai dari buah-buahan, buah kering hingga madu.

5. Kurangi Makanan Cepat Saji

Makanan siap saji dapat meningkatkan kolesterol. Bahkan, tidak sedikit penelitian yang menunjukkan terlalu sering mengonsumsi makanan siap saji rentan mengalami obesitas. Untuk itu, jika kamu ingin diet, usahakan mengurangi makanan jenis ini ya.

Selain itu perbanyak aktivitas fisik dapat dilakukan mulai dari hal-hal kecil. Membersihkan rumah juga termasuk aktivitas fisik yang dapat membantu meningkatkan kebugaran tubuh. Aktivitas fisik lain seperti olahraga pagi dengan jogging atau mengikuti senam juga bisa kamu lakukan untuk membantu menurunkan berat badan.

Baca Juga: 10 Manfaat Kurma untuk Kesehatan saat Menjalani Puasa Ramadhan" selengkapnya



Simak Video "Menjajal Pilihan Menu Bukber Nikmat di Sawaregmoe Resto"
[Gambas:Video 20detik]

(sob/odi)