5 Cara Mudah dan Praktis, Berat Badan Tetap Turun Saat Berpuasa

Sonia Basoni - detikFood
Rabu, 06 Apr 2022 07:00 WIB
close up gesture of hand pick some food in dining table during dinner
Foto: Getty Images/iStockphoto/ferlistockphoto
Jakarta -

Meski terlihat mudah, menurunkan berat badan saat bulan Ramadan ternyata tidak semudah kelihatannya. Meski berpuasa tapi banyak orang yang berat badannya justru naik.

Selama bulan Ramadan, banyak orang yang berencana untuk menurunkan berat badan mereka, karena waktu berpuasa membatasi asupan makan mereka. Tapi ketika dipraktikan, justru orang-orang lebih sering mengalami kenaikan berat badan, karena buka puasa yang berlebihan.

Agar pola makan tetap terjaga, dan tidak gampang kalap mata saat waktu buka puasa. Ada beberapa tips mudah dan praktis, untuk mempermudah proses penurunan berat badan saat menjalani ibadah puasa sebulan penuh.

Berikut beberapa tips makan sehat untuk berat badan turun saat puasa dilansir dari HealthCanal (05/04).

Baca Juga: Inilah 4 Cara Diet dalam Ajaran Islam yang Gampang Dicontek" selengkapnya


1. Perbanyak Minum Air Putih

Sering sekali tips perbanyak konsumsi air putih selama bulan Ramadan di dengar, namun kadang orang sering lupa untuk mengonsumsi air putih ketika berbuka puasa atau sahur. Padahal air putih ini memiliki pernana penting untuk membantu proses diet dan penurunan berat badan.

Terutama ketika puasa, di mana tubuh perlu dijaga agar tetap terhidrasi dengan asupan air putih. Selain menjaga tubuh agar tidak gampang lemas, air putih bisa menekan dehidrasi yang menyebabkan orang jadi ngidam makanan atau minuman manis.

Bulan Ramadan juga datang di bulan yang berbeda setiap tahunnya, tergantung kalender Islam. Jadi ketika bulan puasa masuk menjelang musim panas, sebaiknya konsumsi air putih ini harus diperbanyak.

Hindari minum kafein yang memiliki efek diuretik, atau membuat kita lebih sering buang air kencing, karena akan membuat tubuh lebih mudah kehilangan cairan.

2. Makan Menu Sahur Sehat

close up gesture of hand pick some food in dining table during dinnerclose up gesture of hand pick some food in dining table during dinner Foto: Getty Images/iStockphoto/ferlistockphoto

Sahur ini sama pentingnya dengan makan ketika berbuka puasa. Banyak orang yang malas bangun sahur, karena ngantuk sampai enggan menyiapkan makanan sahur di pagi hari.

Menurut HealthCanal, jika orang-orang rajin sahur dengan pilihan menu makanan sehat yang tidak berlemak dan tinggi kalori, pastinya berat badan jadi lebih mudah turun. Kombinasi makanan sehat dari karbohidrat kompleks seperti roti gandum, dan sebagainya membuat tubuh lebih lama kenyang.

Usahakan bangun sahur dan makan setiap harinya. Karena orang-orang yang melewatkan sahur, cenderung lebih lapar dan lapar mata saat memilih makanan ketika buka puasa.

3. Buka Puasa dengan Makanan yang Ringan

Menurut Dokter Dion, salah satu dokter yang aktif mengunggah tips diet dan makan sehat lewat kanal YouTube nya yaitu The Doctor's Diet menyarankan orang-orang untuk berpuka puasa dengan makanan yang ringan. Jangan langsung makan berat seperti nasi, mie, dan sebagainya.

"Tujuan dari berbuka adalah mengembalikan kadar gula darah dan cairan tubuh setelah seharian berpuasa. Kadar gula darah yang rendah dapat meningkatkan rasa lapar sehingga berbuka dengan tepat penting dilakukan," kata dr. Dion. Ia menyarankan untuk awali dengan minum air putih. Lalu mulai dengan buah-buahan sesuai selera.

Buah itu bisa kurma, semangka, pepaya, atau melon. Selain mengandung cairan, buah-buahan juga mengandung gula alami yang bisa meningkatkan kadar gula darah yang sempat drop setelah berpuasa.



Simak Video "Menjajal Pilihan Menu Bukber Nikmat di Sawaregmoe Resto"
[Gambas:Video 20detik]