ADVERTISEMENT

7 Tips Diet Sambil Berpuasa agar Bisa Turun Berat Badan

Riska Fitria - detikFood
Kamis, 31 Mar 2022 05:00 WIB
Tips diet ketika puasa
Foto: iStock
Jakarta -

Ketika berpuasa, banyak orang yang bingung karena berat badan malah naik. Karenanya perhatian beberapa tips pola makan ini agar berat badan jadi turun.

Selain sebagai ibadah, ada manfaat kesehatan yang didapatkan dengan cara berpuasa. Dengan berpuasa, organ-organ tubuh akan beristirahat dari kebiasaan harian memproses makanan.

Ketika berpuasa, waktu makan jadi berkurang dan seharusnya ini bisa membantu menurunkan berat badan yang berlebih. Namun, tak sedikit yang justru berat badannya jadi bertambah ketika berpuasa.

Kondisi tersebut disebabkan oleh pola makan yang salah ketika sahur dan berpuasa. Dengan alasan tak makan dan minum seharian, membuat orang ingin makan dengan porsi yang besar ketika berbuka.

Selain itu, pemilihan menu makanannya juga tidak tepat. Misalnya banyak mengonsumsi makanan tinggi gula dan tinggi garam.

Dilansir dari VOI (14/04/21) berikut 7 tips diet saat berpuasa:

1. Buka Puasa dengan Menu Seimbang

Tips diet ketika puasaTips diet ketika puasa mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang Foto: iStock

Ketika berpuasa, metabolisme tubuh akan melambat sehingga kebutuhan energi tubuh akan otomatis berkurang. Namun, itu tidak berarti bisa memakan semua makanan ketika waktu berbuka.

Tipsnya adalah mengonsumsi makanan yang seimbang. Pertama yang harus difokuskan adalah makan secara perlahan. Kemudian pilihkan menu makanan yang mengandung nutrisi lengkap.

Mulai dari karbohidrat, protein, serat, vitamin dan yang tak kalah penting adalah yang mengandung mineral. Jika itu terpenuhi, bisa membantu mengurangi makan berlebih.

Baca Juga: 5 Menu Diet Adele yang Turun BB 45 Kg, dari Sarapan hingga 'Cheat Meal'

2. Hindari Makanan yang Digoreng

Sudah jadi kebiasaan orang Indonesia, ketika berbuka puasa diawali dengan gorengan. Sebaiknya, kebiasaan ini harus dihindari karena bisa menaikkan berat badan selama puasa.

Makanan yang digoreng mengandung kalori dan lemak jenuh yang tinggi. Sementara itu, makanan yang digoreng juga rendah nutrisi. Alih-alih gorengan, sebaiknya perbanyak makan makanan alami seperti buah dan sayur.

3. Jangan Melewatkan Makan Sahur

Tips diet ketika puasaTips diet ketika puasa tidak melewatkan waktu sahur Foto: iStock


Sahur sebaiknya dilakukan di waktu dini hari. Makan sahur saat bulan suci ramadan sama saja seperti sarapan, karenanya jangan melewatkan waktu makan ini.

Dengan makan sahur, tubuh akan menampung banyak nutrisi dan energi untuk menjalani puasa sehari penuh. Jadi, kamu tidak akan merasa lemas dan cepat lapar.

Selain itu, makan sahur juga menghindari kamu makan berlebihan ketika buka puasa, sehingga menghindari kenaikan berat badan. Di balik itu, sahur juga memiliki keutamaan sendiri.

Baca Juga: 5 Fakta Diet Teh Hijau yang Disebut Ampuh Bakar Lemak Secara Alami



Simak Video "Kastangel hingga Putri Salju Paling Banyak Diburu Jelang Lebaran"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT