Daging Naik Harganya! Ini 6 Makanan Pengganti Daging yang Kaya Protein

Riska Fitria - detikFood
Sabtu, 26 Mar 2022 14:00 WIB
Makanan pengganti daging yang kaya protein
Foto: iStock
Jakarta -

Daging sapi merupakan sumber protein, tetapi belakangan harganya melambung tinggi. Namun, ada beberapa makanan pengganti daging yang juga kaya protein.

Menjelang ramadan, harga daging sapi di pasar tradisional mencapai Rp 140.000 per kilogram. Hal tersebut yang membuat para ibu-ibu bingung, lantaran daging sapi merupakan bahan pokok keseharian.

Mengingat daging sapi mengandung protein, nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun jangan khawatir, kamu masih bisa mendapat asupan protein dari makanan lain pengganti daging.

Selain memiliki kandungan protein dalam jumlah yang tinggi, beberapa makanan pengganti daging ini harganya jauh lebih terjangkau harganya daripada daging.

Berikut 6 makanan pengganti daging yang kaya protein:

1. Kacang

Makanan pengganti daging yang kaya proteinKacang merupakan salah satu makanan pengganti daging yang kaya protein Foto: iStock

Kacang merupakan pilihan makanan yang kaya protein tetapi harganya terjangkau. Menurut ahli gizi, kacang juga adalah makanan yang paling padat nutrisi.

Menurut ahli gizi Jill Nussinow, salah satu jenis kacang yang kaya protein adalah lentil. Dalam 100 gram lentil mengandung protein sebanyak 9 gram, sementara dalam 100 gram daging sapi ada 26 gram protein.

Selain protein, kacang juga mengandung serat yang berperan dapat menjaga gula darah tetap stabil. Efek baiknya kemudian memengaruhi tingkat energi dan suasana hati.

Baca Juga: 5 Ketoprak Gerobakan Enak di Depok Ini Dapat Rating Tinggi di Aplikasi Ojol

2. Tahu

Terbuat dari kacang kedelai, tentu saja tahu kaya akan protein nabati. Tahu bisa dijadikan sebagai pengganti daging dengan harga yang jauh lebih terjangkau.

Dalam 100 gram daging sapi mengandung 26 gram protein. Sementara dalam 100 gram tahu mengandung 8-10.9 gram protein. Selain bernutrisi, tahu juga gampang diolah jadi masakan enak.

Apalagi tahu memiliki cita rasa yang netral sehingga cocok diracik dengan resep apapun. Mulai dari digoreng, dikukus, ditumis hingga disajikan sayur.

3. Tempe

Makanan pengganti daging yang kaya proteinDalam 100 gram tempe mengandung protein sejumlah 20,8 gram Foto: iStock

Tempe sering dipasangkan dengan tahu. Sama seperti tahu, tempe pun mengandung protein dalam jumlah yang tinggi. Dalam 100 gram tempe mengandung protein sejumlah 20,8 gram.

Makanan yang dibuat dengan melewati proses fermentasi ini juga baik untuk sistem pencernaan karena mengandung bakteri baik. Selain itu, tempe juga memiliki kandungan serat sebanyak 1,4 gram.



Simak Video "Gado-gado Portal Bu Mar yang Legendaris dan Langganan Para Artis"
[Gambas:Video 20detik]