ADVERTISEMENT

Minum 5 Teh Ini Bisa Bikin Tenang dan Bebas Stres, Rasanya Enak!

Diah Afrilian - detikFood
Rabu, 16 Mar 2022 05:00 WIB
alasan rutin minum teh
Foto: iStock
Jakarta -

Tekanan pekerjaan maupun rutinitas seringkali membuat kamu merasa stres dan tegang. Konsumsi lima jenis teh ini diakui dapat menenangkan tubuh secara alami hingga bikin bahagia.

Stres yang terjadi akibat kegiatan sehari-hari tidak jarang membuat saraf menjadi tegang dan merasa tertekan. Gejala seperti nyeri di beberapa bagian tubuh, mudah lelah, hingga perasaan sedih dan gelisah bisa saja timbul akibat tekanan yang dialami.

Untuk mengatasinya dibutuhkan penanganan yang bisa membantu menenangkan tubuh dan seluruh saraf-saraf yang ikut menegang. Bukan hanya dipijat atau sekadar istirahat, ternyata ada beberapa jenis teh yang diakui dapat meredakan stres.

Secara alami, teh-teh ini juga bisa dikonsumsi secara rutin bahkan sebagian ahli mengatakan teh ini juga bisa membuat suasana hati menjadi lebih bahagia. Menurut U.K Tea and Infusions Association, sudah sejak zaman kekaisaran China, minum teh dipercaya sebagai cara terbaik untuk menenangkan pikiran dan tubuh, membantu mencegah penyakit kardiovaskular, hingga meningkatkan kepadatan tulang.

Baca juga: Beli Burger di Pinggir Jalan, Netizen Ini Dapat 'Bonus' Tak Terduga

Berikut ini 5 jenis teh yang dapat menenangkan tubuh dan membuat bahagia menurut Well+Good (11/3):

teh hijau celupKaya akan amino l-theanine, teh hijau diungkapkan bisa meredakan stres dan membuat hati lebih bahagia. Foto: iStock/Detikfood

1. Teh hijau

Jika kamu merasa membutuhkan dorongan energi dan beberapa antioksidan untuk membantu menguatkan imunitas, teh hijau atau jenis lainnya berupa matcha bisa menjadi pilihan yang tepat. Baik teh hijau maupun matcha keduanya terbuat dari tumbuhan Camellia Sinensis.

Tetapi matcha dinilai memiliki konsentrasi antioksidan yang lebih tinggi walaupun keduanya hanya memiliki perbedaan yang tipis saja. Teh hijau juga mengandung komponen bernama asam amino l-theanine yang yang dapat membantu mengendalikan suasana hati menjadi lebih stabil.

"Asam amino L-theanine adalah asam amino yang telah dikaitkan dengan banyak manfaat efek psikotropika, banyak yang membuktikan komponen ini mampu menurunkan kecemasan dan stres," kata Daniel Amen selaku psikiatri.

2. Teh chamomile

Sudah sejak masa lampau, teh chamomile dipercaya mampu menenangkan tubuh dan pikiran. Teh chamomile terbuat dari seduhan bunga chamomile yang memiliki aroma bunga sederhana tetapi rasanya luar biasa saat dinikmati.

"Pada pengobatan herbal di Barat, pengobatan China tradisional dan ayurveda semuanya mengetahui dan mempercayai bahwa teh chamomile ini memiliki efek relaksasi yang sangat luar biasa," kata Neka Pasquale selaku ahli herbal dan founder Urban Remedy.

Teh chamomile bahkan dipercaya memiliki efek yang sama seperti sup ayam hanya saja bentuknya berupa racikan teh. Teh chamomile juga seringkali digunakan untuk membantu memperbaiki pernapasan seperti flu dan batuk, jantung seperti kelainan kecemasan hingga kesehatan perut khususnya pencernaan.

Baca juga: Wow, Penjual Nasi Padang di Makassar Ini Mirip Aktor Jefri Nichol

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT