Tak Perlu Obat Kuat, 5 Racikan Kopi Rempah Ini Bisa Dongkrak Stamina

Devi Setya - detikFood
Senin, 07 Mar 2022 05:00 WIB
kopi rempah
Foto: iStock
Jakarta -

Ada beberapa produk kopi yang diklaim bisa menjadi obat kuat. Padahal sebenarnya ada racikan kopi campur rempah alami yang bisa meningkatkan stamina dan rasanya enak.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) baru saja menyita beberapa produk kopi dengan campuran obat kimia seperti parasetamol dan sildenafil. Kopi ini disita karena mengandung obat kimia dan mencantumkan nomor BPOM palsu.

Beberapa kopi ini diklaim bisa meningkatkan stamina dan kerap diandalkan sebagai obat kuat. Padahal menurut Kepala BPOM Penny K. Lukito, campuran obat kimia tanpa dosis jelas ini bisa menyebabkan berbagai risiko kesehatan. Efek paling bahaya yakni bisa menimbulkan kematian.

Alih-alih minum kopi dengan campuran bahan tak jelas, lebih baik menikmati kopi dengan campuran rempah alami. Selain lebih enak, kopi campur rempah ini juga berkhasiat meningkatkan stamina.

Ada beberapa rempah yang bisa dijadikan campuran kopi. Sebut saja misalnya kayu manis, cengkeh hingga purwaceng kerap ditambahkan dalam kopi.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa kopi rempah yang bisa dibuat untuk meningkatkan stamina:

1. Kopi merica


Rempah yang paling mudah dijadikan campuran kopi adalah merica. Kamu bisa mengandalkan merica hitam untuk diseduh bersama kopi.

Dilansir dari The Old Coffee Pot (6/3) kopi campur merica memiliki beberapa khasiat. Salah satunya adalah mengurangi efek rasa pahit pada kopi sehingga rasanya lebih nikmat. Kopi merica juga mengandung khasiat kesehatan.

Kandungan capsaicin pada merica membantu melebarkan pembuluh darah sehingga aliran darah lebih lancar yang efeknya bisa dirasakan pada stamina dan energi tubuh. Kopi merica juga bisa jadi racikan herbal untuk mengatasi flu dan batuk.

kopi rempahkopi rempah Foto: istimewa

2. Kopi jahe merah

Air rebusan jahe merah atau dikenal dengan sebutan wedang juga bisa dijadikan air untuk menyeduh kopi. Jahe merah sudah lama dikenal dengan khasiatnya yang merangsang sirkulasi darah dan meningkatkan stamina.

Jahe merah juga diklaim bagus untuk hormon testosterone. Hal ini membuat jahe merah sangat cocok untuk dikonsumsi pria yang ingin meningkatkan stamina di ranjang.

Untuk mendapatkan khasiatnya, kamu bisa membuat kopi hitam tanpa tambahan gula. Aroma kopi jahe ini dijamin membuat makin berselera.

3. Kopi Arab

Kopi arab atau populer dengan sebutan kopi gahwa dikenal sebagai kopi dengan campuran berbagai rempah alami. Kopi Arab ini diracik menggunakan kopi hitam yang dicampur dengan air rebusan aneka rempah seperti kapulaga, jahe, serai, cengkeh dan kayu manis.

Campuran kopi dengan aneka rempah ini menghasilkan kopi yang harum. Selain punya sensasi unik, kopi ini juga dikenal dengan berbagai manfaatnya mulai dari menjaga kekebalan tubuh, melancarkan darah dan menambah stamina.

Kopi Arab paling nikmat disajikan hangat. Bisa dinikmati sambil bersantai saat pagi ataupun sore hari.



Simak Video "Melihat Produksi Kopi Sepoor yang Legendaris di Kota Pasuruan"
[Gambas:Video 20detik]