Tips Masak Nasi agar Kalorinya Susut hingga 50 Persen, Contek Yuk!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Sabtu, 05 Mar 2022 07:00 WIB
Tips Masak Nasi agar Kalorinya Susut hingga 50 Persen, Contek Yuk!
Foto: Getty Images/iStockphoto/JacquesPALUT
Jakarta -

Banyak pelaku diet tak bisa lepas dari nasi putih. Untuk mengakalinya, ternyata ada tips masak nasi agar kalorinya berkurang hingga 50 persen! Bahan ini jadi kuncinya.

Menjadi makanan pokok orang Indonesia, banyak orang tak bisa melalui hari-hari tanpa makan nasi putih. Sayangnya kebiasaan ini tidak bagus untuk pelaku diet karena nasi putih tergolong tinggi kalori.

Dalam tiap 100 gram nasi putih diperkirakan mengandung 130 kkal. Mengonsumsi nasi putih juga disebut tak akan membuat kenyang dalam waktu lama.

Para peneliti dan pakar pun coba mencari tahu cara mengurangi kalori pada nasi putih. Salah satu yang populer adalah hasil penelitian tahun 2015 yang dipublikasikan oleh American Chemical Society.

Peneliti mengungkap tips masak nasi agar kalorinya bisa susut adalah dengan menambahkan 2 sendok makan (sdm) minyak kelapa ke dalam rebusan air. Setelah itu masak 250 gram beras selama kurang lebih 40 menit.

Tips Masak Nasi agar Kalorinya Susut hingga 50 Persen, Contek Yuk!Minyak kelapa jadi bahan kunci untuk membuat nasi putih berkurang kalorinya. Foto: Getty Images/iStockphoto/JacquesPALUT

Setelah nasi matang, dinginkan dan masukkan ke dalam wadah tertutup. Barulah masukkan ke kulkas. Diamkan selama kurang lebih 12 jam.

Peneliti mengungkap cara ini bisa membuat nasi putih mengandung pati resisten, jenis pati yang tidak dicerna di usus kecil. Untuk diketahui, usus kecil menjadi tempat karbohidrat dimetabolisme menjadi glukosa dan gula sederhana lainnya sebelum diserap ke dalam aliran darah.

Diungkap pemilik akun TikTok Food Technologist (11/12/2020), penelitian terkait tips masak nasi ini dilakukan oleh Sudhair James dengan melibatkan 38 jenis beras dari Sri Lanka. Ia dan timnya tergerak untuk melakukannya lantaran tingkat obesitas makin tinggi.

Tips Masak Nasi agar Kalorinya Susut hingga 50 Persen, Contek Yuk!Masak nasi dengan tambahan minyak kelapa bisa menyusutkan kandungan kalori mulai dari 10-60 persen. Foto: Getty Images/iStockphoto/JacquesPALUT

"Karena obesitas adalah masalah kesehatan yang berkembang, terutama di banyak negara berkembang, kami ingin mencari solusi berbasi makanan," ungkap pemimpin tim penelitian, Sudhair A. James yang berada di College of Chemical Sciences, Kolombo, Sri Lanka.

Sudhair juga mengklaim tips masak nasi dengan minyak kelapa ini bisa mengurangi kalori sebanyak 10-12 persen, namun mereka optimis angka ini bisa jauh lebih besar pada varietas beras tertentu. Jumlahnya susutnya kalori bahkan bisa sampai 50-60 persen.



Simak Video "Bikin Laper: Penyajian Unik Nasi Kapau Sutan Mangkuto!"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)