ADVERTISEMENT

Dokter Saddam Ismail Sebut 7 Makanan Ini Bantu Tingkatkan Daya Ingat

Devi Setya - detikFood
Rabu, 02 Mar 2022 08:00 WIB
Walnuts with wooden spoon on background
Foto: iStock
Jakarta -

Ada beberapa makanan yang membantu menyehatkan otak sehingga memperkuat daya ingat dan mencegah pikun. Dokter Saddam Ismail menyebutkan beberapa makanan yang baik untuk kesehatan otak.

Ketika otak dalam keadaan sehat maka bisa berfungsi optimal. Ciri otak yang sehat antara lain adalah mampu mengingat dengan baik. Menjaga kesehatan otak bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan.

Pakar kesehatan dr Saddam Ismail menyarankan untuk mengonsumsi makanan seperti telur, kunyit hingga ikan salmon yang mengandung nutrisi penting untuk menjaga kesehatan otak.

Minuman racikan kopi campur kunyit bermanfaat untuk tubuh, salah satunya bisa meningkatkan imunitas tubuh.Ilustrasi kunyit bubuk Foto: Getty Images/iStockphoto

"Makanan yang baik untuk otak meningkatkan memori dan daya ingat. Dengan mengonsumsi makanan tinggi antioksidan, maka mampu melindungi otak dari radikal bebas. Termasuk bagian otak yang bernama hippocampus. Ini adalah kunci penting untuk menjaga daya ingat dan memori. Supaya tidak cepat lupa atau pikun," ujar dr Saddam Ismail dalam tayangan YouTube-nya (21/2).


Dalam video berdurasi 7 menit ini, dr Saddam yang juga dikenal sebagai ahli gizi mengungkap beberapa makanan yang baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan otak. Makanan ini terbilang mudah didapatkan dan sudah menjadi makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Ada 7 makanan yang disebutkan yakni telur, oatmeal, kunyit, sayuran, buah berry, makanan tinggi omega-3 dan kacang walnut.

"Yang pertama telur. Telur banyak diremehkan orang tetapi telur sebenarnya sangat baik untuk kesehatan otak. Dalam telur terkandung kolin yang berperan menjaga sel otak agar tetap berfungsi dengan baik. Apalagi bagi ibu hamil, bagus bagi perkembangan otak janin, telur juga mengandung Vitamin B12," beber dr Saddam Ismail.

Dokter yang sering membuat konten YouTube soal kesehatan ini juga menyebut oatmeal bagus untuk menjaga kesehatan otak karena kandungan serat dan proteinnya. Serat dalam oatmeal mampu membuat kadar gula lebih stabil dan normal karena otak juga memerlukan gula sebagai energi.

Ada juga kunyit yang kaya antioksidan sehingga bagus untuk melindungi otak dari radikal bebas. Konsumsi kunyit secara tepat akan meningkatkan daya ingat dan mencegah peradangan.

Menjaga kesehatan otak juga bisa dilakukan dengan cara mengasup sayuran yang mengandung antioksidan, vitamin dan mineral yang bagus untuk kesehatan tubuh dan otak. Selain sayur, kamu juga bisa mengonsumsi buah berry seperti blueberry, strawberry, blackberry hingga raspberry yang mengandung antioksidan seperti flavonoid dan anthocyanin.

5 Fakta Garis-garis Putih yang Ada pada Daging Ikan SalmonPotongan daging kan salmon Foto: iStock

Selanjutkan, dr Saddam Ismail juga menyarankan untuk rutin mengonsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega-3. "Meningkatkan daya ingat dengan kandungan DHA. Kalau kekurangan DHA maka otak tidak bisa bekerja maksimal. Sumber DHA ini bisa berasal dari ikan sarden, tuna, salmon," jelas dr Saddam Ismail.

Terakhir ada walnut yang bisa dijadikan pilihan untuk camilan. Diungkapkan dr Saddam Ismail, walnut bagus untuk menjaga kesehatan otak. Walnut juga bagus untuk menjaga kesehatan jantung.



Simak Video "Masak Masak: Otak-otak Ikan Tongkol Super Endol"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT