dr. Zaidul Akbar Ungkap Tempe Punya Vitamin Serupa Daging Hewan

Diah Afrilian - detikFood
Kamis, 24 Feb 2022 10:30 WIB
Tempe Akan Didaftarkan Jadi Warisan Budaya UNESCO, Ini Komentar Indonesia Tempe Movement
Foto: iStock
Jakarta -

Setiap bahan makanan memiliki nutrisinya masing-masing. dr. Zaidul Akbar menjelaskan bahwa tempe punya vitamin yang sama seperti daging hewan.

Terbuat dari bahan nabati dan dibanderol dengan harga yang murah, di Indonesia tempe masih dipandang sebelah mata. Dianggap sebagai makanan berharga murah ternyata tempe menyimpan vitamin yang tak kalah baik dari daging hewan.

Walaupun terbuat dari sumber nabati, ternyata tempe mengandung nutrisi yang cukup padat. Kadar lemaknya yang juga lebih rendah membuat tempe sebenarnya lebih cocok untuk dikonsumsi sebagai alternatif makanan yang lebih sehat.

Sering membagikan petuah tentang makanan sehat, dr. Zaidul AKbar mengungkap nutrisi yang ada pada sepotong tempe. Salah satunya adalah kandungan vitamin dan nutrisinya yang baik untuk tubuh.

Baca juga: Tempe Mentah Dicocol Madu Kian Bernutrisi, Ini Kata dr Zaidul Akbar

jenis tempeMelalui proses fermentasi dengan ragi, dr. Zaidul Abar mengungkapkan bahwa tempe punya vitamin yang mirip dengan daging hewan. Foto: Wikipedia/iStock

Mengutip akun YouTube @dr. Zaidul Akbar Official (22/2), dokter yang terkenal dengan metode JSR ini mengungkapkan bahwa makanan nabati sama baiknya dengan makanan yang berasal dari sumber hewani. Mendalami bahan makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan membuat dr. Zaidul AKbar mengaku kagum dengan kuasa Allah SWT menciptakan tumbuhan sebagai makanan.

"Ini namanya tempe. Saya lagi belajar-belajar lagi tentang tempe jadi makin kagum dengan tempe," kata dr. Zaidul Akbar.

Menurut dr. Zaidul Akbar ada proses ajaib yang terjadi secara ilmiah melalui fermentasi kedelai dalam pembuatan tempe. Menggunakan ragi dalam proses fermentasinya ternyata dalam tempe terbentuk suatu vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh.

Adalah vitamin B12 yang sama seperti yang terdapat pada daging hewan. dr. Zaidul Akbar juga mengungkapkan bahwa keberadaan kandungan vitamin B12 dalam tempe menjadikannya satu-satunya produk nabati yang memiliki vitamin serupa dengan pada produk hewani.

Baca juga: Bule Ini Kaget Lihat Tetangganya Masak Babi Guling di Halaman Rumah

Cooking Class - TempeUntuk menjaga manfaat sehatnya dr. Zaidul Akbar lebih suka menyantap tempe dalam keadaan mentah. Foto: iStock

dr. Zaidul Akbar juga menyarankan cara menikmati tempe favoritnya untuk tetap menjaga kesehatan tempe itu sendiri. Bukan digoreng, tempe bisa langsung dikonsumsi mentah tanpa harus dimasak terlebih dahulu.

"Ya tempe terserah mau dikonsumsi bagaimana caranya. Tetapi saya tidak suka kalau digoreng lagi karena menambahkan minyaknya. Makan saja seperti ini (mentah), ini tempe sehat," kata dr. Zaidul Akbar.

Selain dikonsumsi mentah, dr. Zaidul Akbar juga menyarankan konsumsi tempe yang dicocol dengan madu. Bagi penikmat pedas juga dikatakan boleh menikmati tempe mentah yang dicocol dengan sambal.

Faktor keamanan pada tempe yang dikonsumsi mentah ini diungkapkan karena melalui proses pembuatan yang higienis. Pasalnya ragi yang tidak dijaga kebersihannya saat membuat tempe justru akan menghasilkan tempe berkualitas jelek yang bahkan akan dianggap sebagai tempe yang gagal.

Baca juga: 5 Makanan Sehat Ini Bagus Untuk Tingkatkan Kesuburan Wanita



Simak Video "Masak Masak: Resep Camilan Tempe Hot Jeletot "
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)