13 Sayuran yang Bantu Turunkan Berat Badan Saat Diet

Tim Detikfood - detikFood
Selasa, 22 Feb 2022 05:00 WIB
tips kembang kol goreng
Foto: iStock
Jakarta -

Sayuran mengandung banyak nutrisi penting. Karenanya baik dikonsumsi saat berdiet. Berikut 13 sayuran yang bantu turunkan berat badan dengan cepat.

Beragam jenis sayuran, khususnya sayuran hijau, sangat rendah kalori dan karbohidrat namun kaya akan serat. Sayuran ini sangat cocok dikonsumsi saat berdiet terutama untuk menurunkan berat badan.

Sayuran juga sangat tinggi vitamin, antioksidan, mineral, dan kalsium, yang tak hanya bagus untuk diet, tapi juga mengoptimalkan kesehatan secara keseluruhan.

Sayuran yang Bantu Turunkan Berat Badan

Tidak semua sayuran baik dikonsumsi saat berdiet menurunkan berat badan. Karena masing-masing punya kandungan serat, vitamin dan mineral yang berbeda. Berikut ini 13 sayuran yang bantu turunkan berat badan dan cocok dikonsumsi saat diet.

1. Brokoli

Brokoli adalah jenis sayuran hijau yang bagus untuk menurunkan berat badan karena sangat rendah kalori.

Selain itu, brokoli juga mengandung serat dan mikronutrien lainnya yang mendukung penurunan berat badan, sedangkan fitokimia dalam brokoli berpotensi untuk memecah lemak.

2. Bayam

Bayam adalah sayuran rendah kalori yang bermanfaat untuk untuk menurunkan berat badan. Sayuran hijau ini merupakan sumber serat makanan sangat baik, yang meningkatkan rasa kenyang dan menyehatkan saluran pencernaan.

Pakar diabetes asal Toronto Shahzadi Devje, RD, CDE, MSc juga menyebut bayam bagus untuk menurunkan berat badan, menjaga kebugaran tubuh, serta memelihara kesehatan secara umum.

"Bayam sangat rendah kalori namun memiliki segudang nutrisi dan dapat diolah dalam semua jenis resep," kata Devje, mengutip FoodNetwork.

Khasiat sayur bayam untuk menu sarapan13 Sayuran yang Bantu Turunkan Berat Badan Saat Diet Foto: iStock

3. Asparagus

Sayuran ini berbentuk panjang langsing berwarna hijau. Sayuran ini kerap dijumpai dalam berbagai menu diet rendah kalori karena bercita rasa manis dan bertekstur renyah.

Tak cuma itu, asparagus sangat tinggi serat tidak larut, yang membantu melancarkan buang air besar secara teratur dan menjaga kesehatan pencernaan, mengutip Healthline.

4. Labu siam

Tanaman dengan nama lain jipang ini merupakan jenis labu-labuan yang sering ada dalam campuran masakan nusantara. Selain mudah diolah menjadi beragam makanan enak, labu siam juga kaya nutrisi seperti vitamin, mineral, dan serat.

Kandungan kalori, lemak, karbohidrat, dan sodium yang rendah namun tetap padat nutrisi pulalah membuat labu siam jadi sayuran yang cocok dikonsumsi ketika diet.

Merujuk Healthline, labu siam utuh setara 203 gram mengandung 39 kalori dan 4 gram serat. Serat dalam labu siam ini membuat Anda merasa cepat kenyang dan kenyang lebih lama.

5. Kembang kol

Kembang kol berkhasiat untuk membantu menurunkan berat badan karena rendah kalori. Secangkir kembang kol hanya mengandung 25 kalori, sehingga kamu bisa makan banyak tanpa takut berat badan naik.

Kembang kol juga bebas lemak, bebas kolesterol, dan rendah natrium. Ini juga bisa diolah sebagai panganan pengganti berkalori tinggi, seperti nasi.

Selain itu, kembang kol merupakan sumber serat yang baik dan mengandung 92 persen air sehingga meningkatkan perasaan kenyang dan mempercepat penurunan berat badan.

Untuk melihat daftar sayuran lain yang bantu turunkan berat badan, cek di halaman berikutnya.



Simak Video "Bikin Laper: Enaknya Kepiting Saus Tiram di Popa Seafood PIK"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)