ADVERTISEMENT

7 Efek Buruk pada Tubuh Jika Terlalu Banyak Konsumsi Gula

Riska Fitria - detikFood
Rabu, 16 Feb 2022 06:00 WIB
Efek terlalu banyak konsu,si gula
Foto: iStock
Jakarta -

Di balik rasanya yang manis, gula bisa merusak kesehatan jika terlalu banyak dikonsumsi. Ada porsi tertentu bagi wanita dan pria saat mengasup gula harian.

Ada dua jenis gula yakni gula alami dan gula tambahan. Gula alami yang terkandung pada makanan utuh, seperti buah, sayur, susu dan biji-bijian.

Sementara gula tambahan gula yang ditambahkan ke dalam makanan selama pemrosesan, produksi dan memasak. Dan jenis gula inilah yang bisa membahayakan tubuh jika dikonsumsi berlebihan.

The American Heart Association merekomendasikan tidak lebih dari 6 sendok teh (25 gram) gula tambahan dalam sehari untuk wanita. Sementara untuk pria tidak lebih dari 9 sendok teh (36 gram).

Dikutip dari WebMD, berikut 5 efek terlalu banyak mengonsumsi gula:

1. Berat Badan Naik

Efek terlalu banyak konsu,si gulaEfek terlalu banyak konsumsi gula dapat menyebabkan berat badan naik Foto: iStock

Dari takaran gula yang telah direkomendasikan oleh The American Heart Association, orang Amerika justru rata-ratamengasup 22 teh sendok teh gula dalam sehari.

Mereka banyak minum minuman bersoda setiap hari, sementara itu tidak memangkas kalori pada asupan makan selanjutnya. Perlu diketahui bahwa minuman bersoda mengandung jenis gula paling berbahaya.

Jenis gula tersebut adalah fruktosa yang dapat meningkatkan kolesterol jahat dan risiko diabetes. Efek dari inilah yang akan menyebabkan berat badan menjadi naik.

Baca Juga: Ini 7 Tanda Tubuh Kelebihan Gula, Bisa Berupa Penyakit Lho!

2. Penyakit Jantung

Menurut sebuah studi, satu dari 10 orang Amerika mendapat 1/4 atau lebih kalori harian mereka dari gula tambahan. Para peneliti menegaskan bahwa kondisi ini bisa berakibat fatal.

Menurut peneliti, gula tambahan itu bisa meningkatkan tekanan darah atau melepaskan lebih banyak lemak ke dalam aliran darah. Kondisi ini yang kemudian menyebabkan beberapa penyakit.

Termasuk penyakit jantung, stroke bahkan tak menutup kemungkinan bisa menyebabkan meninggal dunia.

3. Diabetes

Efek terlalu banyak konsu,si gulaEfek terlalu banyak konsumsi gula bisa menyebabkan diabetes Foto: iStock


Sudah bukan rahasia lagi bahwa makanan dan minuman manis dapat meningkatkan peluang terkena diabetes tipe 2. Itu karena gula mengendap di dalam darah.

Kondisi itu mungkin membuat tubuh bereaksi dengan membuat lebih sedikit hormon insulin, yakni hormon yang mengubah makanan menjadi energi. Bisa juga insulin tidak bekerja baik.

Jika kamu memiliki berat badan yang lebih, disarankan untuk memangkas bobot secara perlahan. Hal ini bisa membantu kamu mengelola gula darah dalam tubuh.

Baca Juga: Kenali 7 Tanda Tubuh Kelebihan Gula yang Sering Disepelekan

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT