Ini 7 Tanda Tubuh Kelebihan Gula, Bisa Berupa Penyakit Lho!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 17 Sep 2021 11:00 WIB
Ini 7 Tanda Tubuh Kelebihan Gula, Bisa Berupa Penyakit Lho! Foto: Getty Images/iStockphoto/bymuratdeniz
Jakarta -

Tanda tubuh kelebihan gula bisa diamati dari kondisi kesehatan secara menyeluruh. Kalau kamu alami tekanan darah tinggi atau nyeri sendi, kamu perlu waspada.

Asupan gula sebenarnya diperlukan tubuh sebagai sumber energi. Namun gula yang dimaksud bukanlah gula sembarangan. Gula itu merupakan gula alami seperti yang terdapat pada buah dan sayur.

Lalu gula tambahan dari asupan gula pasir atau pemanis lainnya yang terkandung dalam makanan dan minuman, perlu dibatasi. Sebab jenis gula ini bisa membahayakan kesehatan seperti memicu diabetes tipe 2, obesitas, kanker, hingga penyakit jantung.

Untuk asupan gula per hari, Kementerian Kesehatan Indonesia menyarankan tak lebih dari 50 gram per hari. Jumlah ini setara 5-9 sendok teh (sdt) gula.

Supaya kamu tak alami berbagai efek samping akibat konsumsi gula, coba kenali 7 tanda tubuh kelebihan gula berikut:

1. Tekanan darah tinggi

Ini 7 Tanda Tubuh Kelebihan Gula, Bisa Berupa Penyakit Lho!Ini 7 Tanda Tubuh Kelebihan Gula, Bisa Berupa Penyakit Lho! Foto: Getty Images/iStockphoto/bymuratdeniz

Siapa sangka tanda tubuh kelebihan gula salah satunya adalah tekanan darah tinggi. Mengutip Everyday Health (16/9), menurut penelitian, konsumsi minuman manis memiliki kaitan signifikan dengan tekanan darah tinggi dan risiko hipertensi yang lebih besar.

Penyebab pasti antara dua hal tersebut belum ditemukan. Namun hal yang para peneliti ketahui adalah asupan glukosa yang tinggi bisa merusak lapisan pembuluh darah sehingga membuat lipid seperti kolesterol bisa dengan mudah menempel pada dinding pembuluh darah. Akibatnya, pembuluh darah mengeras dan tekanan darah akan naik.

2. Nyeri sendi

Sering merasakan nyeri sendi? Hati-hati karena bisa jadi ini tanda tubuh kelebihan gula. Menurut penelitian tahun 2017 yang dimuat dalam jurnal Arthritis Care & Research, di antara 24% responden yang menderita rheumatoid arthritis (RA), mereka mengatakan konsumsi makanan dan minuman tinggi gula mempengaruhi gejala yang dirasakan.

Peneliti menjelaskan bahwa sering minum minuman soda berkaitan dengan peningkatan risiko RA pada wanita. Selain itu, mengonsumsi terlalu banyak gula bisa memicu peradangan sistemik yang salah satunya dapat menyebabkan nyeri sendi.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com