5 Cara Melakukan Diet Pisang agar Tubuh Cepat Langsing

Riska Fitria - detikFood
Sabtu, 12 Feb 2022 06:00 WIB
Diet pisang
Foto: iStock
Jakarta -

Banyak dilakukan oleh artis Korea, diet pisang disebut-sebut ampuh untuk menurunkan berat badan. Ini cara melakukannya.

Diet pisang populer karena banyak dijalani oleh para artis Korea. Seperti mantan personel 2NE1 Sandara Park. Selain itu, ada aktris Seo in-yong dan personel I.O.I Jeon So-mi.

Mereka mengatakan bahwa diet pisang mudah untuk dilakukan karena tidak ada aturan ketat yang menyusahkan. Bahkan diet ini memperbolehkan pelakunya untuk ngemil.

Meskipun begitu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat melakukan diet pisang. Mulai dari jenis pisang yang dikonsumsi dan waktu memakannya.

Dikutip dari WebMD, berikut 5 fakta diet pisang:

1. Apa Itu Diet Pisang?

Diet pisangDiet pisang adalah diet yang mengutamakan untuk mengonsumsi pisang Foto: iStock

Sesuai dengan namanya, diet pisang adalah metode diet yang mengutamakan untuk mengonsumsi buah pisang. Metode diet ini diperkenalkan pertama kali oleh sepasang suami istri asal Jepang.

Sang istri bernama Sumiko Watanabe merupakan seorang farmasis dan ahli di bidang pengobatan. Sementara sang suami adalah Hitoshi Watanabe yang mempelajari ilmu konseling dan pengobatan tradisional China.

Ketika mereka ingin menikah, mereka mulai melakukan diet ini. Sebab Hitoshi mengalami kenaikan berat badan dan ingin menurunkan bobotnya sebelum menikah.

Ia kemudian melakukan beberapa metode diet hingga berhasil menurunkan berat badannya dari 80 kg menjadi 72 kg. Namun, ia tidak bisa menurunkan berat badannya lagi.

Setelah itu, Sumiko menganjurkan suaminya untuk diet pisang. Tak disangka diet ini pun berhasil menurunkan berat badan hingga ke bobot yang diinginkan.

Baca Juga: 5 Tips Diet DJ Katty Butterfly yang Berhasil Turun BB 30 Kg

2. Cara Melakukan Diet Pisang

Diet pisangDiet pisang dilakukan dengan makan buah pisang setelah bangun tidur Foto: iStock

Melihat keberhasilan suaminya itu, Sumiko kemudian membagikan pola diet pisang ke komunitas di Internet dan mulai banyak orang yang mengikuti diet tersebut.

Diet ini tidak hanya sekadar mengonsumsi pisang. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat menjalani metode diet ini. Pertama, kamu harus mengonsumsi pisang utuh.

Maksudnya adalah buah pisang tanpa diolah jadi makanan lain. Jadi, ketika bangun tidur kamu mengonsumsi pisang sesuai dengan jumlah yang kamu inginkan.

Kamu boleh mengganti buah pisang dengan buah lain, asalkan satu buah saja dan tidak lebih. Misalnya mengganti satu buah pisang dengan satu buah apel.

Setelah 15 hingga 30 menit baru, kamu bisa mengonsumsi makanan lain.