ADVERTISEMENT

Bapak-bapak, Jika Sperma Encer Hindari Konsumsi 5 Makanan Ini Dulu

Tim Detikfood - detikFood
Senin, 07 Feb 2022 05:00 WIB
ilustrasi sperma
Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta -

Banyak penyebab yang membuat sperma encer. Selain gaya hidup yang paling utama adalah konsumsi makanan tertentu. Berikut daftar makanan yang perlu dipantang.

Kondisi air mani atau sperma encer sebetulnya dapat menjadi normal kembali dalam waktu ideal 70 hari. Untuk mempercepat kekentalannya, ada sejumlah pantangan makanan untuk sperma encer dan beberapa makanan yang dapat dikonsumsi.

Salah seorang peneliti dari The University of Chicago Medicine, Edwin McDonald, MD, mengatakan bahwa dalam 38 tahun terakhir, jumlah sperma rata-rata pria turun 59 persen.

Hingga kini, belum ada yang tahu mengapa jumlah sperma menurun drastis. Namun, para peneliti percaya, sejumlah makanan yang dikonsumsi dapat menurunkan kesehatan sperma hingga membuat sperma encer. Di sisi lain, beberapa makanan dapat meningkatkan jumlah dan kualitas sperma.

Pantangan Makanan untuk Sperma Encer

Berikut ini 5 pantangan makanan untuk sperma encer untuk membantunya kental kembali dilansir dari laman U Chicago Medicine.

1. Daging olahan

Berbagai penelitian terbaru menyebutkan banyak masalah kesehatan muncul saat seseorang mengonsumsi daging olahan seperti sosis, dendeng, bakso, bacon, salami, dan sebagainya.

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa makan daging merah olahan berkaitan dengan penurunan jumlah sperma dan memperlemah pergerakannya.

2. Makanan dengan lemak trans

Lemak trans merupakan lemak jenuh yang dapat ditemukan pada daging sapi, kambing, susu, atau keju. Dalam kadar normal, jenis lemak ini tidak membahayakan.

Namun kini, banyak ditemukan lemak trans buatan yang terkandung dalam minyak goreng maupun minyak sayur.

Lemak trans pun dapat dengan mudah ditemukan di banyak makanan, termasuk yang digoreng seperti donat, serta makanan yang dipanggang termasuk kue, kulit pie, biskuit, piza beku, kue kering, hingga kerupuk.

Jika dikonsumsi terlalu banyak, hal ini dapat menyebabkan stroke, diabetes tipe 2, hingga penyakit jantung koroner. Kaitannya dengan sperma, lemak trans dapat menurunkan kuantitas sperma. Ketika jumlahnya rendah, maka sperma yang keluar saat orgasmepun akan encer.

3 Tips Membuat Gorengan Sehat dari Dr. Reisa Broto AsmoroJika Sperma Encer Hindari Konsumsi 5 Makanan Ini Dulu Foto: iStock

3. Produk kedelai

Produk kedelai mengandung senyawa fitoestrogen yang dapat menurunkan jumlah sperma sehingga membuat sperma encer. Namun, kamu tidak perlu berhenti mengonsumsinya. Konsumsi secukupnya, karena makanan ini pun kaya manfaat.

Hal ini sejalan dengan penelitian yang dilakukan oleh Jorge E Chavaroo yang dimuat di National Center for Biotechnology Information. Dalam studi tersebut disebutkan bahwa orang-orang yang banyak mengonsumsi produk kedelai justru memiliki jumlah sperma yang lebih sedikit dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi sama sekali.

Apa saja makanan yang harus dipantang dan apa makanan yang sebaiknya dikonsumsi untuk memperbaiki kualitas sperma? Cek dafatrnya di sini !



Simak Video "3 Medali Dari Udin Si Tukang Bubur"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT