5 Rahasia Kulit Sehat dan Glowing Wanita Jepang, Pakai Makanan Ini

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Rabu, 26 Jan 2022 07:00 WIB
5 Rahasia Kulit Sehat dan Glowing Wanita Jepang, Pakai Makanan Ini
Foto: Getty Images/iStockphoto/y-studio

3. Andalkan teh hijau

Bukan rahasia lagi kalau orang Jepang sangat suka minum teh hijau. Minuman ini punya sejuta manfaat sehat karena tinggi antioksidan, bersifat antibakteri, dan memiliki senyawa antiinflamasi.

Wanita Jepang juga menggunakan teh hijau sebagai bagian perawatan kecantikan mereka. Ekstrak teh hijau banyak ditemukan di berbagai lotion, tonic, dan produk kecantikan lain di Jepang.

Selain teh hijau biasa, bubuk teh hijau atau yang populer dengan sebutan matcha juga banyak dikonsumsi di sana. Matcha terkenal dengan kandungan katekin-nya yang tinggi. Asupan katekin dikaitkan dengan beragam manfaat sehat dan kecantikan. Lalu ada tannin dalam matcha yang bisa membantu mengencangkan kulit.

4. Banyak mengasup vitamin C

5 Rahasia Kulit Sehat dan Glowing Wanita Jepang, Pakai Makanan IniYuzu, salah satu sumber vitamin C yang banyak dikonsumsi wanita Jepang demi dapatkan kulit sehat dan glowing Foto: Getty Images/iStockphoto/y-studio

Rahasia kulit sehat dan glowing wanita Jepang selanjutnya adalah asupan vitamin C. Vitamin yang terkenal dengan manfaatnya untuk imunitas tubuh ini bisa meningkatkan pasokan kolagen alami di dalam tubuh.

Vitamin C juga bantu deoksidasi dan proses pemecahan melanin, pigmentasi alami yang dialami kulit akibat penuaan. Vitamin C bersifat mencerahkan dan membuat kulit tampak bercahaya.

Wanita Jepang mengonsumsi vitamin C melalui makanan, minuman, dan suplemen. Beberapa buah dan sayuran di sana memang terkenal kaya vitamin C, seperti jeruk yuzu, kesemek Jepang bernama kaki, hingga shiso sejenis kemangi liar.

5. Jalani pola makan tradisional

Secara umum, pola makan orang Jepang terkenal menyehatkan. Dalam tiap waktu makan mereka, terdapat ragam makanan mengandung nutrisi penting untuk kesehatan. Hal inilah yang juga jadi rahasia wanita Jepang dapatkan kulit sehat dan glowing.

Biasanya makanan tradisional Jepang dibuat dengan prinsip ichiijyu sansai yaitu satu sup dengan tiga hidangan sayuran, ditambah nasi dan ikan. Kombinasi makanan ini disebut tinggi vitamin dan asam lemak omega 3 yang membantu mengurangi produksi racun dalam tubuh, yang merupakan pemicu inflamasi dan penuaan dini pada kulit.

Menu tradisional Jepang biasanya terdiri dari rumput laut wakame, kaiso, ikan, konjac, kinako, dan natto. Semua bahan makanan ini mudah didapat di Jepang dan harganya relatif murah.


(adr/odi)