5 Rahasia Kulit Sehat dan Glowing Wanita Jepang, Pakai Makanan Ini

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Rabu, 26 Jan 2022 07:00 WIB
5 Rahasia Kulit Sehat dan Glowing Wanita Jepang, Pakai Makanan Ini
Foto: Getty Images/iStockphoto/y-studio
Jakarta -

Wanita Jepang dikenal memiliki kulit sehat dan glowing. Selain memakai produk kecantikan, hal tersebut didapat dari konsumsi dan penggunaan bahan makanan berikut.

Rahasia sehat, panjang umur, dan kecantikan orang Jepang selalu menarik disimak. Mereka umumnya menggunakan bahan-bahan alami untuk mendapatkan semuanya.

Dalam hal makanan, mereka mengonsumsi makanan sehat dan kaya nutrisi yang bagus untuk kulit. Tak jarang, makanan itu juga dimanfaatkan oleh wanita Jepang sebagai bagian perawatan kecantikan mereka.

Misalnya komenuka alias dedak beras yang dijadikan masker. Manfaatnya makin maksimal dengan tambahan susu atau madu. Lalu ada juga kacang azuki yang bisa mengecilkan pori-pori wajah saat digunakan sebagai scrub wajah.

Mengutip Savvy Tokyo (16/4/2021), inilah 5 rahasia kulit sehat dan glowing wanita Jepang dari makanan alami:

1. Pakai scrub alami kacang azuki

Kacang azuki merupakan kacang merah mungil yang mudah ditemui di Jepang. Rasanya yang manis legit ini biasa dijadikan isian dorayaki atau mochi.

Kacang azuki kerap dikonsumsi wanita Jepang karena bagus untuk kesehatan kulit. Selain itu, kacang azuki juga dihaluskan untuk dijadikan scrub wajah. Fungsinya menyingkirkan kulit-kulit mati.

Scrub kacang azuki juga disebut ampuh untuk menyingkirkan komedo dan garis-garis halus di wajah. Dilihat dari kandungan nutrisinya, kacang azuki tinggi antioksidan dan mengandung agen busa alami bernama saponin yang membantu membersihkan serta mengecilkan pori-pori wajah.

Untuk membuatnya sendiri, giling kacang azuki pakai coffee grinder sampai membentuk bubuk semi halus. Tempatkan campuran ini di stoples dan simpan di kulkas selama beberapa jam.

Kemudian ambil 1/2 sendok teh bubuk kacang azuki. Taruh di telapak tangan, campurkan dengan beberapa tetes air. Oleskan perlahan dan dengan lembut ke seluruh bagian wajah. Diamkan dua menit lalu bilas dengan air hangat. Ulangi hal ini 2-3 kali seminggu untuk dapatkan hasil maksimal.

2. Memanfaatkan dedak beras

5 Rahasia Kulit Sehat dan Glowing Wanita Jepang, Pakai Makanan IniSejak lama komenuka alias dedak beras dipakai wanita Jepang sebagai bahan perawatan kecantikan alami Foto: Getty Images/iStockphoto/y-studio

Selama berabad-abad, orang Jepang sangat menghargai manfaat sehat komenuka alias dedak beras. Tinggi antioksidan dan nutrisi penting lainnya, dedak beras dijadikan bahan perawatan alami untuk kulit wajah dan tubuh wanita Jepang.

Mereka percaya dedak beras bisa mencerahkan kulit, mengencangkan, sekaligus membuat kulit lembut. Mendapatkan produk mengandung komenuka di Jepang pun bukan perkara sulit karena tersedia di banyak toko obat di sana.

Tapi kalau mau bikin sendiri, komenuka mudah dibuat di rumah. Dalam panci kecil, rebus 3 sendok makan beras dengan air sampai airnya agak keruh. Saring beras dan sisakan airnya sedikit.

Tambahkan 1 sendok makan susu dan campurkan hingga merata. Tambahkan 1 sendok makan madu. Campuran ini seharusnya menjadi agak kental untuk bisa dipakai sebagai masker wajah. Masker alami ini bisa melembapkan kulit, memudarkan noda-noda hitam di wajah, hingga meningkatkan sirkulasi darah di area wajah.

Intip lagi rahasia kulit sehat dan glowing wanita Jepang di halaman selanjutnya.