ADVERTISEMENT

Tidur Siang Setelah Makan Bikin Gemuk, Mitos atau Fakta?

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Senin, 24 Jan 2022 12:30 WIB
Tidur Siang Setelah Makan Bikin Gemuk, Mitos atau Fakta?
Foto: Getty Images/iStockphoto/zorandimzr

Tidur setelah makan bisa picu gejala GERD

Tidur siang setelah makan sebabkan gemuk adalah mitos belaka, namun siang tidur setelah makan bisa memunculkan gangguan kesehatan adalah benar adanya.

Mengutip Very Well Health (17/12/2021), berbaring atau tidur sesaat setelah makan bisa membuat isi perut naik kembali ke kerongkongan. Hal ini bisa menyebabkan sensasi dada seperti terbakar (heartburn) yang tak nyaman.

Kondisi ini juga bisa memunculkan gejala penyakit gastroesophageal reflux (GERD) lainnya, seperti rasa pahit di mulut dan rasa ingin sendawa terus-menerus. Saat terjadi di malam hari, tentu saja kondisi ini bisa mengganggu kualitas tidurmu.

Waktu terakhir makan yang paling bagus

Tidur Siang Setelah Makan Bikin Gemuk, Mitos atau Fakta?Ahli gizi menyarankan menunggu 3 jam setelah makan, barulah bisa berbaring atau tidur Foto: Getty Images/iStockphoto/zorandimzr

Kalau mau tidur nyaman setelah makan, sebaiknya perhatikan waktu makan terakhir. Ahli gizi umumnya menyarankan menunggu 3 jam setelah makan, barulah kamu bisa berbaring atau tidur.

Durasi ini memungkinkan sistem pencernaan mengolah makanan dengan lebih maksimal. Tak hanya itu, sebuah penelitian tahun 2019 di Jepang juga menemukan kalau memberi jeda antara makan dan tidur sekitar 2 jam bisa menjaga kualitas gula darah tetap terkontrol.

Minuman yang bantu tidur nyenyak

Demi kualitas tidur yang lebih maksimal, kamu juga bisa mengasup minuman tertentu yang merangsang kantuk. Salah satunya susu yang merupakan sumber triptofan. Dalam jumlah banyak, asupan triptofan bisa menghasilkan efek menenangkan yang membantu rasa kantuk muncul.

Pilihan lainnya adalah teh chamomile yang sejak dulu dipilih banyak orang untuk diminum sebelum tidur. Teh chamomile mengandung antioksidan bernama apigenin yang telah terbukti memicu rasa kantuk pada beberapa orang.


(adr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT