7 Minuman Enak Ini Bisa Dikonsumsi Penderita Diabetes

Devi Setya - detikFood Sabtu, 22 Jan 2022 06:00 WIB
Minum Hot Chocolate Baik untuk Kesehatan Otak Foto: iStock
Jakarta -

Penderita diabetes tak hanya bisa minum air putih. Ada banyak minuman enak yang bisa jadi pilihan tanpa khawatir gula darah naik.

Penderita diabetes memang dianjurkan untuk mengurangi konsumsi makanan dan minuman manis, tetapi bukan berarti sama sekali tak boleh mengonsumsinya. Asal diatur kandungan gulanya agar tidak berlebihan.

Dilansir dari WebMD (20/1) ada beberapa minuman enak yang bisa dikonsumsi para penderita diabetes. Sebut saja misalnya es teh manis, susu cokelat hingga smoothie buah yang manis namun tak membuat gula darah melonjak drastis.

Berikut beberapa minuman enak yang bisa dikonsumsi para penderita diabetes:

1. Susu Cokelat

Tidak semua orang dewasa suka susu cokelat, namun minuman ini punya rasa yang lezat dan bisa jadi pilihan minuman teman santai. Susu cokelat rendah lemak bisa menjadi minuman yang aman dikonsumsi penderita diabetes. Tapi jangan langsung meneguk susu cokelat kemasan.

Kamu bisa membuat racikan susu cokelat sendiri dengan mencampurkan 1% susu cokelat, 3 sdt cokelat bubuk dan 2 sdm pemanis non kalori. Racikan susu cokelat ini memangkas 70 kalori, 16 gram karbohidrat dan 2 gram lemak. Kamu bisa menikmatinya dalam keadaan dingin ataupun hangat.

Macro closeup of iced tea or soda with ice cubes and straw in glassEs teh manis Foto: Getty Images/iStockphoto/ablokhin

2. Teh manis


Teh manis adalah minuman sederhana yang rasanya selalu bikin kangen. Namun segelas es teh manis mengandung sekitar 36 gram karbohidrat. Apalagi es teh manis yang dijual dalam kemasan siap minum, kandungan gulanya bisa berbahaya bagi penderita diabetes.

Namun jangan sedih, ada teh manis yang lebih sehat namun juga tetap memiliki rasa yang enak. Kamu bisa membuat teh yang dicampur buah seperti misalnya lemon atau strawberry. Teh manis dengan buah ini bisa dikonsumsi langsung ataupun diberi tambahan gula non kalori.


3. Jus Jeruk

Buah jeruk segar memang aman dikonsumsi para penderita diabetes. Namun hindari untuk memilih jus jeruk kemasan yang biasanya mengandung 26 gram karbohidrat dalam satu cangkirnya.

Makan buah jeruk segar justru lebih disarankan karena kandungan serat pada jeruk terbukti baik untuk penderita diabetes. Namun jika ingin tetap menikmati jus jeruk, cobalah membuat jeruk peras yang ditambah dengan gula non kalori. Batasi porsinya hanya satu cangkir per hari.

Banana smoothie with oats in a vintage glass jar on a rustic wooden table.Smoothie buah untuk penderita diabetes Foto: iStock

4. Smoothie buah

Smoothie buah bisa menjadi alternatif minuman sehat yang juga punya rasa lezat. Hindari membeli smoothie buah yang dijual dalam kemasan karena minuman ini mengandung banyak karbohidrat dan gula.

Coba buat smoothie buah sendiri di rumah. Campurkan blueberry, strawberry dan pisang, lalu blender bersama es batu hingga kental dan lembut. Nikmati smoothie berry ini tanpa tambahan gula. Rasanya manis asam dan dijamin bikin ketagihan.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Sarapan dengan Nasi Cawuk di Banyuwangi, Apa Itu?"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com