5 Makanan Pemicu Gula Darah Naik yang Perlu Diwaspadai

Diah Afrilian - detikFood Sabtu, 15 Jan 2022 06:00 WIB
diabetes Foto: Shutterstock

3. Makanan Berkarbohidrat

dr. Naomi Newman-Beinart selaku ahli gizi juga mengatakan bahwa makanan yang berbahan dasar karbohidrat sangat mudah dicerna. Elemen gula yang terkandung di dalamnya juga begitu cepat terserap ke dalam aliran darah dan memicu lonjakan gula darah.

"Kemudian pankreas akan memproduksi insulin untuk mengeluarkan glukosa dari darah dan membuat insulin masuk ke dalam sel dan bekerja pada tubuh. Jika gula darah pada orang yang sehat mengalami kenaikan kemudian insulin akan diproduksi, gula darah kemudian akan menurun dan dipecah menjadi lemak. Lemak tersebut akan diakumulasikan agar lebih mudah dipecah oleh tubuh," kata dr. Newman-Beinart.

4. Minuman Manis

Ilustrasi Minuman Manis ShutterstockFoto: Shutterstock

Menurut Rasa Kazlauskaite selaku professor dari Rush University Medical Center, mengendalikan kadar gula darah di dalam tubuh akan lebih berat tantangannya ketika kamu masih belum bisa lepas dari kebiasaan mengonsumsi minuman manis. Termasuk beberapa minuman seperti minuman bersoda, jus atau bahkan kopi yang ditambahkan pemanis.

dr. Roxburgh juga mengatakan bahwa cara terbaik lainnya juga menghindari penambahan gula pada minuman-minuman seperti pada teh atau kopi. Hampir serupa dengan minuman tinggi gula, minuman beralkohol juga perlu dibatasi karena tinggi kalori dan kadar gulanya.

5. Kue

Makan kue dengan dekorasi yang cantik dan rasa yang manis memang bisa memenuhi keinginan atau 'ngidam' yang seringkali datang. Tetapi konsumsi kue walaupun hanya satu sendok teh menjadi ancaman berbahaya bagi penderita diabetes.

Kandungan gula yang cukup tinggi membuat kue sangat cepat untuk memicu lonjakan gula darah di dalam tubuh. National Health Service atau Layanan Kesehatan Nasional di Inggris mengatakan bahwa kue menjadi makanan yang wajib dihindari bagi mereka yang sedang mengendalikan gula darah maupun yang sedang menurunkan berat badan.

Baca juga: Hadirkan Pelayan Atletis Telanjang Dada, Restoran Seafood Ini Didatangi Polisi

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Ternyata Ini Lho Perbedaan Gelato dengan Es Krim Lainnya"
[Gambas:Video 20detik]

(dfl/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com