5 Fakta Diet IU yang Bikin Turun 5 Kg dalam 5 Hari

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Sabtu, 15 Jan 2022 10:00 WIB
IU, idol KPop awet muda
Foto: dok. tvN
Jakarta -

IU, penyanyi solo Korea Selatan terkenal dengan pola dietnya yang ekstrem. Dahulu ia bisa menurunkan berat badan hingga 5 kilogram (kg) dalam lima hari dengan konsumsi makanan ini.

Lee Ji Eun atau lebih populer dengan nama IU adalah penyanyi solo Korea Selatan yang punya banyak penggemar. Wanita 28 tahun ini baru saja mendapatkan Daesang atau penghargaan tertinggi di ajang Golden Disc Awards 2022.

Di balik prestasinya yang membanggakan, IU juga dikenal karena pribadinya yang super dermawan. Ia tak ragu menyumbangkan uangnya hingga miliaran rupiah ke lembaga amal.

Sosok IU juga mencuri perhatian karena dianggap warga Korea Selatan awet muda. Tubuhnya mungil dan ramping. Semua hal ini didapat berkat usahanya menjaga pola makan.

Sebelum menemukan pola makan sehat yang tepat seperti sekarang, IU punya masa lalu kelam soal diet. Ia pernah jalani diet ekstrem yang membuat berat badannya bisa turun sampai 5 kg dalam lima hari.

Berikut 5 fakta diet dan pola makan IU yang dirangkum detikfood dari berbagai sumber:

1. IU pernah diejek dengan sebutan babi

Mengutip Channel Korea (5/6/2021), IU pernah dipanggil babi oleh beberapa penonton Korea Selatan karena penampilan pertamanya di panggung. Ia dianggap gemuk seperti babi di saat idola-idola Korea Selatan lainnya yang sukses saat itu terlihat lebih kurus.

Sementara itu, South China Morning Post (1/1/2021) mencatat dalam wawancara di Night of TV Entertainment tahun 2013, IU mengatakan dirinya pernah berhasil menurunkan 5 kg dalam lima hari saja. Saat itu ia berusaha keras menyingkirkan bobot tubuhnya yang naik selama syuting drama.

IU menjalani pola makan minim kalori yang membuat tubuhnya bisa kurus dalam waktu singkat. Ia diduga jalani diet Myproana yang terkenal sebagai diet ekstrem.

2. Makanan diet ekstrem IU

Ubi Jalar vs Ubi Ungu, Mana yang Lebih Sehat dan Bernutrisi?Ubi jadi menu pilihan IU saat jalani diet ekstrem Foto: Getty Images/clubfoto

Sehari-hari, wanita kelahiran Seoul ini hanya makan satu buah apel saat sarapan, satu sampai dua buah ubi untuk makan siang, dan segelas minuman protein untuk makan malam.

Ia menjalani pola diet super ketat ini setiap hari sambil melakukan aktivitas seperti biasa. Diperkirakan asupan kalorinya dari makanan diet itu tak lebih dari 300-500 kkal per hari! Padahal kebutuhan kalori harian wanita sekitar 2.000 kkal.

Tak heran kalau IU bisa menurunkan berat badannya hingga 5 kg dalam lima hari. Kabarnya diet ini hanya dia lakukan ketika ia sedang memiliki agenda tertentu, seperti merilis album atau melakukan promosi musik. Tujuannya agar dirinya terlihat lebih kurus.

Setelah mencapai berat badan yang dituju, IU akan kembali makan normal. Meski begitu, IU menyadari kalau diet ekstremnya tidak untuk ditiru, apalagi dilakukan dalam jangka waktu panjang.

3. Akui alami gangguan makan

Menjadi bintang idola besar di Korea Selatan bukan hal mudah. Ia mendapat banyak tekanan dari sekitar. Dalam acara Healing Camp, Aren't You Happy tahun 2014, IU mengungkap dirinya berjuang sembuh dari gangguan makan.

IU mengaku alami bulimia usai merasa resah, ragu dan benci pada diri sendiri, hingga takut popularitasnya meredup suatu waktu. Ia coba mengatasi semua perasaan negatif itu dengan 'pelarian' makan banyak dan makan enak.

Namun setelah makan, wanita berpostur mungil ini akan memuntahkannya. Ia berharap makanan itu tidak membuatnya gemuk. Beruntung, IU cepat menyadari kalau gangguan makan ini merusak dirinya. Ia mencari bantuan profesional untuk sembuh.

Selain menjalani perawatan fisik dan mental, IU juga punya metode penyembuhan dengan menulis catatan harian. Kini ia meyakini kalau penurunan berat badan yang sehat perlu dicapai dengan cara sehat pula.

Lihat lagi fakta diet IU di halaman selanjutnya.